Ibu Berperan Penting dalam Kebaragaman

Hari ibu yang jatuh pada 22 Desember, menjadi momentum bagi semua pihak untuk menyadari peran penting ibu dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak pihak menjadikan hari ibu, untuk menunjukkan kasih sayang dan rasa terima kasih pada ibu

Peringatan hari ibu

Denpasar (bisnisbali.com) – Hari ibu yang jatuh pada 22 Desember, menjadi momentum bagi semua pihak untuk menyadari peran penting ibu dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak pihak menjadikan hari ibu, untuk menunjukkan kasih sayang dan rasa terima kasih pada ibu. Sementara kaum perempuan lebih banyak memanfaatkannya untuk menunjukkan peran dan eksistensi.

Tokoh – tokoh wanita di ikatan wanita Universitas Warmadewa ( Iwanwar) berupaya menjadikan hari Ibu sebagai momentum untuk meningkatkan peran dalam membangun persatuan di tengah keberagaman.

Ketua Pembina Iwanwar, Ny. Diah Wisnumurti, mengatakan meskipun kata ibu hanya 1 kata, tetapi di dalamnya sarat akan makna. Sebab, ibu merupakan tonggak sekaligus penyangga pertama dari suatu keberagaman. Bahkan, ibu bisa memerankan segala peran dan mampu me-manage waktu sebaik mungkin. Pada perayaan Hari Ibu ini, ke depan diharapkan Iwanwar makin solid dalam bernegara, memiliki wawasan yang makin luas bahwa berbeda itu indah, sehingga bersama kita bisa.

“Dengan kesadaran para ibu tentang keberagaman tersebut, maka ibu dapat menanamkan tentang keberagamaan tersebut pada anak – anaknya. Dengan demikian akan tertanam nilai-nilai toleransi untuk menangkal faham radikalisme,” tuturnya di sela – sela  “Konser Anak Bangsa Ku Persembahkan untuk Ibu Pertiwi” yang merupakan peringatan hari  Iibu di Universitas Warmadewa, Jumat (20/12) di kampus setempat.

Sementara Ketua Umum Iwanwar, Ny. Mirsa Umiyati Widjana, mengatakan harmoni dalam keberagaman, dapat menyadarkan semua orang, bahwa keberagaman yang ada di Indonesia, khususnya di Bali bukanlah pemicu perpecahan, melainkan keberagaman tersebut menjadi pemersatu. Oleh karena itu, pada perayaan Hari Ibu, ditampilkan berbagai parade budaya dari berbagai daerah yang tujuannya untuk mengingatkan seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda bahwa Indonesia kaya akan keberagaman yang menjadi keunggulan bangsa yang tidak dimiliki oleh bangsa lainnya.

“Keberagaman Indonesia ibaratkan Dawai yang indah apabila dinyanyikan bersama nada-nada yang berbeda akan terdengar indah. Itulah seharusnya keberagaman itu disikapi untuk kebersamaan dan persatuan,”ujar Ny. Mirsa Umiyati Widjana. *pur

BAGIKAN