Denpasar (Bisnis Bali) – Pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini tidak saja dimeriahkan dengan datang ke TPS dan memberikan pilihan. Berbagai perayaan suka cita juga digelar, salah satunya pemberian diskon pada pengunjung dengan menunjukkan jari yang telah berwarna sebagai bukti telah melakukan pilihan pada pemilu tahun 2019.

Pemberian diskon ini dilakukan oleh beberapa toko hingga rumah makan yang ramai dipromosikan di media sosial sejak H-2 pelaksanaan pemilu. Salah satunya berlaku pada mini market di Jalan Ahmad Yani, Denpasar dengan memberikan diskon hingga 20 persen kepada pelanggan yang telah melakukan pilihan. Diskon diberikan pada setiap pembelian jus dan salad buah.

Owner mini market yang bernama Aple Point, Gede Suardana mengatakan pemberian diskon ini sengaja dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada warga negara Indonesia yang menggunakan hak pilihnya. “Masyarakat yang menggunakan hak pilih artinya mereka telah ikut membangun demokrasi Indonesia. Sikap itu patut dihargai dengan ragam cara, meskipun yang sederhana misalnya memberikan diskon kepada warga yang sudah nyoblos,” terangnya.

Dikatakannya, untuk mendapatkan diskon tersebut, pelanggan hanya perlu menunjukan jari yang telah diwarnai tinta. Diharapkannya sumbangsih ini bisa membantu tingkat partisipasi pemilih di Bali sesuai dengan target KPU Bali.

Hal senada juga dilakukan oleh salah satu rumah makan di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar dengan memberikan diskon 10 persen kepada pelanggan. Pemilik warung Rofiki Hasan, mengatakan diskon bertujuan untuk merayakan demokrasi dengan gembira. “Suasana tegang sudah terjadi selama masa kampanye. Sekarang siapa pun menang atau kalah bisa merayakan dengan makan bersama,” ungkapnya sembari mengatakan diskon hanya berlaku satu hari pada 17 April.

Dikatakannya, ketentuan yang diberikan simpel, yaitu dengan menunjukkan jari ungu tanda sudah mencoblos, selanjutnya diskon dari bill total pembayaran ditunjukkan saat membayar.

Tidak mau ketinggalan, industri pariwisata juga memanfaatkan momen ini. Salah satunya Citadines Kuta Beach juga memberikan diskon hingga 20 persen untuk pembelian makanan ataupun minuman. Marketing Communication Executive Citadines Kuta Beach Maherna Ika Krismayanti mengatakan, diskon ini untuk memanfaatkan momen libur setelah selesai pemilihan.

“Bagi beberapa orang pasti ada yang ingin menghabiskan liburan. Kalau memilih  ke luar Bali nanggung karena besoknya harus beraktivitas kembali. Jadi kami memberikan alternatif nongkrong cantik melihat sunset di Seasky Roof Top sambil menunggu quick count perhitungan suara,” ungkapnya. *wid/editor rahadi