Melalui HIPMI, Wirausaha Muda Baru Diharapkan kian Bermunculan

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemerintah Kota Denpasar berharap melalui organisasi HIPMI makin banyak bermunculan pengusaha muda di daerah ini. Pemerintah pun mendukung berkembangnya usaha-usaha baru yang dirintis pengusaha muda, salah satunya dengan menyediakan fasilitas pendukung. 

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di sela-sela pelantikan BPC HIPMI Kota Denpasar di Lumintang, Jumat (5/4)  mengatakan, pemerintah selama ini sudah mendukung perkembangan dunia usaha termasuk UKM. Termasuk pula menjamin hal-hal yang kecil seperti terkait pengurusan izin maupun kredit usaha rakyat yang semuanya tidak merumitakan,

Sementara terkait upaya memenangkan persaingan saat ini, diakui, pemerintah juga telah memudahkan akses dari legalitas, perizinan bahkan saat ini sedang mempersiapkan ekosistem ekonomi kreatif bagi startup. Jadi ada power king space, maker space yang akan menggabungkan universitas, komunitas pengusaha dan pemerintah.

“Bangunannya sudah disiapkan dan tahun ini harapan bisa terwuud mengingat komunitas kreatif sudah terbentuk sejak lama,” ujarnya

Di sana nantinya akan menawarkan apa saja yang dibutuhkan start up, baik itu skill, perizinan, marketing advertising dna lainnya. 

Sementara Ketua Umum HIPMI Denpasar Dewa Wirayudha mengatakan hal sama akan berusaha menumbuhkan pengusaha-pengusaha muda. Itu tertuang dalam program kerja termasuk dalam upaya mendukung persaingan industri 4.0 dengan meluncurkan yaitu platform edukasi pertama di Bali yaitu Mulai Merintis.

“Platform edukasi ini yaitu mempertemukan orang yang memiliki passion untuk berbagi ilmu dengan mereka yang mencari ilmu,” katanya.

Dalam flatform itu juga memuat workshop kewirausahaan yang memudahkan bagi siapa saja mencari workshop di Bali. Salah satunya seperti pelatihan merajut ataupun menenun di Bali. Workshop juga dilengkapi dengan adanya training dan seminar.

Ia menyadari pentingnya sebuah network untuk membentuk komunitas dapat memberikan ide, inovasi dalam pengembanagn bisnis dan juga skill.

“Kami akan bersinergi dengan pemerintah kota untuk konsisten dan komitmen untuk pengembangan wirausaha muda di Denpasar,” jelasnya.*dik