KALING - Ketua DPRD Badung, Putu Parwata saat menerima Forum Kaling se-Kecamatan Kuta Utara, Selasa (2/4) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Belasan kepala lingkungan (kaling) yang tergabung dalam Forum Kaling Kuta Utara, Selasa (2/4) lalu mendatangi Ketua DPRD Badung, Putu Parwata. Dalam pertemuan tersebut belasan kaling tersebut mengharapkan pemerintah melakukan kebijakan sama para kaling dengan para kepala dusun (kadus).

Putu Parwata yang dihubungi, Kamis (4/4) mengatakan, para kaling ini mendatangi gedung Dewan untuk menyampaikan aspirasi mereka dan aspirasi tersebut siap akan diteruskan ke pemerintah. “Para kaling ini ingin kesetaraan gaji dan insentif mereka dengan para kadus. Kaling hanya digaji Rp2 juta-an, sangat timpang dengan para kadus yang gaji dan insentifnya bisa mencapai Rp6 jutaan,”ujarnya.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan asal Dalung ini mengatakan, pihaknya merasa ketimpangan terhadap pendapatan kaling di Kuta Utara ini sama di seluruh Kabupaten Badung, dan pihaknya siap berjuang untuk masalah ini. “Kenaikan pendapatan para kaling ini merupakan nantinya bagian dari apresiasi pemerintah juga terhadap aparat terbawah, mengingat kaling juga merupakan ujung tombak pemerintah dalam melakukan sosialisasi program-program yang sedang dijalankan Pemerintah Kabupaten Badung,”paparnya.

Parwata yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung ini mengatakan, secara logika tupoksi kaling dan kadus adalah sama, tetapi kenapa hak mereka bisa berbeda. Hal ini akan menjadi pembahasan bersama untuk menyamaratakan pendapatan mereka. “Mudah-mudahan aspirasi ini bisa ditindaklanjuti di anggaran perubahan sehingga di APBD perubahan penghasilan untuk para kaling di Badung bisa sama dengan para kadus,” tegas alumni Doktor Ilmu Ekonomi Pemebangunan Universitas Udayana tersebut. *adv/editor rahadi