Gianyar (Bisnis Bali) – Jalan sehat dan pengundian hadiah meriahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ)  tutup buku tahun 2018 LPD Desa Pakraman Bedulu, yang digelar Sabtu (30/3) lalu. Agenda yang baru pertama dilaksanakan ini mengundi dua unit sepeda motor serta ratusan hadiah lain, termasuk kulkas, televisi hingga kompor.

Bupati Gianyar yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM I Dewa Mahayasa sekaligus melepas acara jalan sehat, mengapresiasi kegiatan yang melibatkan warga ini. Selain menyehatkan juga bermanfaat dalam meningkatkan jalinan tali persaudaraan antar krama.

Jalan santai yang juga diikuti Ketua BKS LPD Provinsi Bali Drs.  Nyoman Cendikiawan, SH. M.Si, bersama ketua dan pimpinan BKS LPD Gianyar serta sejumlah pengurus LPD se-Kabupaten Gianyar, menempuh rute dari jaba Pura Pengastulan menuju kawasan Pura Samuantiga dan Pura Telangu serta melintasi kantor perbekel Bedulu, lanjut balai Banjar Goa dan Banjar Lebah dan berakhir di wantilan Pura Pengastulan desa pekraman Bedulu. Menempuh jarak sekitar 1,5 km.

Sementara Bendesa Desa Pakraman Bedulu, I Gusti Ngurah Made Serana mengakui, jalan sehat serangkaian dengan penyampaian laporan usaha LPD Bedulu ini diikuti lebih dari 2.000 warga desa Pakraman Bedulu, serta diikuti partisipasi dari krama desa pakraman Taman, Wanayu Mas dan warga lainnya.

Terkait dilaksanakannya jalan sehat, Bendesa Gusti Serana juga mengakui selain berimbas positif terhadap laju usaha LPD Bedulu, juga akan memperkuat interaksi warga di tengah padatnya kesibukan dan kemajuan teknologi informasi saat ini. “Kegiatan seperti ini (jalan sehat) selain menyehatkan juga mempererat tali simakrama,  sekaligus sebagai media intetaksi, dibalik padatnya aktivitas warga belakangan ini ” jelas  jelasnya.

Pihaknya mengatakan, berbagai kegiatan sosial sering digelar LPD Bedulu. Termasuk merenovasi pelinggih sampai membantu warga miskin melalui bedah rumah serta membantu aktivitas krama banjar serta kegiatan sekaa teruna di lima banjar adat yang ada.

Ketua LPD Bedulu, Anak Agung Gde Adi Parwatha,SE., mengakui sengaja memilih jalan sehat ini guna lebih mendekatkan lembaga keuangan desa pakraman kepada warga masyarakat sebagai pemiliknya. Dengan harapan warga makin maksimal memanfaatkan jasa LPD dalam kegiatan warga.

Selain jalan sehat, LPD Bedulu setiap tahun juga melaksanakan gebyar hadiah yang dirangkai dengan agenda pelaporan laju usaha. Untuk tahun 2019, gebyar ke-14 dilaksanakan dengan pemberian hadiah berupa Honda Vario, kulkas dan kompor serta puluhan hadiah lain bagi nasabah yang beruntung.

Untuk hadiah utama berupa Honda Vario diraih oleh nasabah atas nama Jro Ketut Nardi. Jro serati banten dari warga banjar adat Batulumbang ini juga tercatat sebagai salah seorang nasabah setia LPD bedulu. Sedangkan hadiah utama jalan santai berupa Honda Vario diraih warga Banjar Margabingung,  I Made Dana.

LPD desa pakraman Bedulu yang menawarkan tabungan SAMUANTIGA dan WARIGA sebagai jaminan ngaben gratis dengan sekali bayar Rp.300.000, tahun ini memasuki usia ke 30 tahun.  Aset yang dimiliki mencapai Rp330 miliar lebih dengan perolehan laba lebih dari Rp3 Miliar. Dari pembagian laba yang diperoleh, tahun 2018 LPD Bedulu menyerahkan  dana pembanguna desa Rp662 juta yang diterima Bendesa Bedulu disaksikan perangkat desa Pakraman Bedulu lainnya. *wid/editor rahadi