Lewat Informasi Terkini, JBT Tingkatkan Layanan Bagi Pengguna Jalan Tol

Mangupura (Bisnis Bali) – PT Jasamarga Bali Tol (JBT) terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi penggunaan jalan tol. Salah satunya dengan memberikan informasi ter-update yang terjadi di jalan  maupun sekitar tol.
“Kami ingin memberikan informasi terkini terkait kondisi lalu lintas di jalan tol lewat siaran radio,” kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Enkky Sasono AW di Kuta, Senin (1/4) di sela-sela penandatanganan kerja sama JBT dengan PT Berita Bagus Sejati tentang informasi jalan tol. 
Enkky mengatakan, kebutuhan akan informasi sangat penting di era digitalisasi saat ini. Kecepatan informasi saat ini sangat penting dan menjadi kunci terkait pelayanan. Karenanya dirancang informasi yang horizontal antara pengguna dengan pengguna. Informasi terkini yang disiarkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat pengguna jalan tol. Programnya berupa layanan informasi terkini seputar Jalan Tol Bali Mandara mencakup kondisi lalu lintas, cuaca, kecepatan angin, dan kegiatan operasional serta kebijakan perusahaan yang perlu diketahui oleh publik.
“Konten untuk tahap pertama masih kondisi yang ada di jalan atau sekitar tol sehingga bermanfaat bagi masyarakat baik yang menuju ataupun kembali dari satu daerah ke daerah lain,” ujarnya.   
Selain penyampaian informasi seputar kegiatan rutin operasional dan pemeliharaan jalan tol, JBT juga akan menyampaikan hal-hal yang bersifat insidentil atau kebijakan perusahaan yang dikemas dalam program talk-show interaktif. Misalnya kecepatan angin tiba-tiba meningkat drastis atau terjadi kecelakaan yang menutup jalur, harus segera menyampaikan kepada masyarakat.
Konten selanjutnya akan dikembangkan kembali seperti memasukkan informasi terkait peringatan tertib berlalu lintas yang perlu terus ditingkatkan dan didedikasikan terus menerus ke masyarakat.
Ia pun tidak memungkiri konektivitas jalan tol di Bali berbeda dengan jalan tol yang ada di Jawa yang sangat banyak dan luas. Namun demikian informasi terkini sangat diperlukan masyarakat sehingga ke depannya tidak hanya informasi secara langsung namun perlu melebarkan ke Dishub dan lainnya.
“Tujuan bisa memberikan kebenaran informasi sehingga masyarakat bisa mengantisipasi jika ada kemacetan. Begitu pula bagi JBT bisa  introspeksi agar tidak terjadi kemacetan lain,” paparnya.
Enkky berharap masyarakat bisa memanfaatkan stasiun radio ini untuk menyampaikan kejadian atau peristiwa di jalan tol termasuk keluhan layanan jalan tol. Termasuk terhadap hal-hal yang menyangkut kebijakan perusahaan atau perkembangan teknologi transaksi kita akan sampaikan dalam bentuk talk-show interaktif.
Sementara terkait kebijakan penyesuaian tarif tol, Enkky mengatakan belum bisa memastikan karena sebagai pihak yang menjalankan kebijakan pusat. Kendati demikian formulanya sebesar inflasi dan bila sesuai jadwal umumnya ada penyesuaian pada akhir tahun.   
Sementara Direktur PT Berita Bagus Sejati, Abi Wahono mengatakan dengan adanya kerja sama maka kebutuhan informasi terpenuhi bagi masyarakat sehingga menjadi nyaman.
Abi menyampaikan program ini tidak hanya sekadar menjadi wadah untuk memberikan informasi kepada pendengar tetapi juga untuk membangun kesadaran pentingnya saling berbagi informasi.*dik