Dedi Sunardi, Tingkatkan Transaksi Nontunai

DALAM upaya mendukung suksesnya Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), bank kian menggencarkan transaksi nontunai di segala momen dan tempat. Salah satunya di festival yoga yang banyak melibatkan wisatawan mancanegara di mana bank mewajibkan transaksi semuanya menggunakan nontunai

“Kami menyadari peserta di Balispirit Festival, Ubud bukanlah masyarakat Indonesia saja, namun juga mancanegara sehingga perlu menggunakan transaksi nontunai atau cashless,” kata Pemimpin Wilayah BRI Denpasar Dedi Sunardi.

Dedi mengatakan, dengan menggunakan transaksi nontunai di samping mempermudah wisatawan mancanegara bertransaksi juga mengedukasi masyarakat Bali untuk melakukan transaksi nontunai. Termasuk tenant-tenant yang ada agar terbiasa menggunakan jasa bank, salah satunya fasilitas nontunai.

Hasilnya selama lima hari penyelenggaraan festival yoga, transaksi nontunai sudah mencapai Rp1,2 miliar lebih. Transaksi nontunai tersebut diyakini akan terus bertambah hingga akhir penutupan festival pada Minggu (31/3). Itu berdasarkan pengalaman keikutsertaan BRI selama kali keempat yang selalu menunjukkan peningkatan transaksi.

“Tahun ini kami sebagai sponsor dan potensi transaksi nontunai makin tumbuh positif seiring pertumbuhan kepesertaan. Termasuk aktivitas penukaran valuta asing lewaat e-Buzz BRI yang relatif tinggi setiap harinya,” jelasnya. 

Untuk mendukung kelancaran transaksi nontunai, Dedi mengakui telah menyebar 55 mesin EDC untuk mempelancar transaksi di setiap tenant. Tidak hanya itu bank juga mendukung lingkungan dengan melakukan penanaman pohon yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.*dik