Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau jebolnya saluran irigasi Subak Desa Akah Tempek Pekarangan di lingkungan Banjar Sangging, Desa Pakraman Akah, Kecamatan Klungkung.

Semarapura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau jebolnya saluran irigasi Subak Desa Akah Tempek Pekarangan yang bertempat di lingkungan Banjar Sangging, Desa Pakraman Akah, Kecamatan Klungkung. Dalam peninjauannya tersebut turut hadir Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida, Kepala Desa Akah I Nyoman Sujati serta warga setempat.

Setelah melihat situasi di lapangan, Kasta langsung menugaskan dinas terkait untuk mengkaji agar saluran irigasi subak tersebut bisa cepat diperbaiki. “Saya sudah tugaskan dinas terkait terlebih dahulu memasang pipa dan semoga tidak ada halangan agar air cepat bisa kembali mengalir,” ujar Wabup Kasta.

Ia minta  para anggota subak maupun warga yang rumahnya dekat dengan jebolnya saluran irigasi tersebut bisa lebih berhati-hati mengingat situasi di lokasi masih sangat rawan. “Para anggota subak maupun warga yang berada dekat dengan lokasi jebolnya saluran irigasi ini tetap selalu berhati-hati,” harapnya.

Sementara itu, Kelian Subak Desa Akah I Wayan Sukra mengatakan jebolnya saluran irigasi subak ini terjadi pada 9 September 2018 lalu swpanjang 40 meter. “Jebolnya saluran irigasi subak ini terjadi pada pukul 21.00 wita,” ujarnya.

Sukra menambahkan sudah selama enam bulan pasca kejadian saluran irigasi tersebut sama sekali tidak berfungsi dan tidak bisa mengairi lahan sawah dengan luas 12 haktar. “Semoga ke depan pemerintah bisa mengkaji lebih lenjut agar saluran irigasi subak ini bisa kembali berfungsi seperti sediakala,” harapnya. *dar/editor rahadi