Suasana penertiban yang dilakukan di Jalan Gajah Mada, Denpasar.

Denpasar (Bisnis Bali) – Semenjak Pasar Badung mulai beroperasi, tim gabungan yang dikoordinir Dinas Perhubungan Kota Denpasar bersama Satpol PP Kota Denpasar, Kepolisian, dan PD Parkir melakukan penertiban di sepanjang Jalan Gajah Mada secara berkelanjutan. Kali ini Kamis (28/3) tim gabungan kembali melakukan penertiban dengan tujuan agar bersih dari pedagang kaki lima (PKL) maupun parkir sembarangan.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Denpasar Ketut Sriawan di dampingi Kepala Seksi Penegakan Hukum Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Made Joni. Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penertiban kali ini pihaknya menindak 16 pelanggar yang parkir sembarangan. Dari jumlah tersebut 1 pelanggar langsung ditilang pihak kepolisian dan 4 mobil dilakukan penggembosan.

Dalam penertiban tersebut Sriawan mengaku tim sempat mendapat protes dari pemilik toko di Jalan Gajah Mada, Karena mereka merasa di depan toko adalah miliknya. Sehingga mereka mengeluarkan barang dagangan dan parkir di depan toko semaunya.

Namun demikian, dalam upaya mengantisipasi kemacetan pihaknya mengimbau kepada pedagang maupun pengunjung yang ke Jalan Gajah Mada agar memanfaatkan parkir yang ada di areal Pasar Badung. Mengingat Pasar Badung saat ini telah menyiapkan lahan parkir cukup luas. “Kami himbau agar pedagang maupun yang ingin berbelanja di sepanjang Jl Gajah Mada agar parkir kendaraannya di areal Pasar Badung,’’tegasnya.

Tidak hanya itu pihaknya juga mengimbau kepada pengunjung yang  berkunjung ke objek wisata Sungai Korea atau Tukad Badung juga diharapkan parkir di areal Pasar Badung. Termasuk himbuan kepada para pedagang khususnya pedagang canang agar tidak berjualan di telajakan di depan Pasar Badung.

Ia menambahkan penertiban ini melibatkan tim gabungan sehingga dalam kegiatan ini masing-masing instansi menertibkan sesuai tugas pokok masing-masing. Untuk masalah PKL langsung di tegakkan Satpol PP Kota Denpasar sedangkan Dinas Perhubungan dan kepolisian menegakkan parkir yang sembarangan seperti di atas trotoar maupun badan jalan. Dengan dilakukan penertiban secara berkelanjutan pihaknya berharap di ruas Jalan Gajah Mada tidak terjadi kemacetan lagi. *wid/editor rahadi