Aneka Produk Kerajinan dan Peragaan Busana Meriahkan HUT Dekranasda

Singaraja (Bisnis Bali) – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-39 yang jatuh pada 3 Maret 2019, Dekranasda merayakannya dengan menyelenggarakan acara potong tumpeng, Kamis (28/3). Bukan hanya potong tumpeng, acara yang diselenggarakan di Gedung Wanita Laksmi Geraha ini juga membuka stan pameran produk kerajinan dan produk olahan untuk para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Buleleng. Ada sebanyak 20 produk yang dipamerkan di antaranya, produk tekstil, produk kerajinan dan produk olahan.

Selain itu, ada juga peragaan busana tenun ikat asli Kabupaten Buleleng yang dirancang oleh designer asli Kabupaten Buleleng. Busana-busana yang sangat cantik ini diperagakan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Buleleng Ir. I Gusti Ayu Aries Sujati bersama Ibu Wakil Bupati Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, Ibu-ibu Pejabat Eselon II dan III di Lingkup Pemkab Buleleng serta model-model profesional di Kabupaten Buleleng.

Perayaan HUT ke-38 Dekranas ini dihadiri pula Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T., Perwakilan Dekranasda Provinsi Bali Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng, para Camat se-Kabupaten Buleleng, dan anggota Dekranasda Kabupaten Buleleng.

Ketua Dekranasda Kabupaten Buleleng Ir. I Gusti Ayu Aries Sujati mengatakan, tujuan dari perayaan HUT Dekranas ini adalah untuk memberikan ruang tukar informasi bagi pelaku usaha kerajinan. Aries menambahkan, kegiatan ini juga sebagai sarana pengenalan produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh IKM di Kabupaten Buleleng. Istri dari orang nomor satu di Buleleng ini juga memaparkan langkah-langkah yang telah dilakukan dalam mengembangkan kerajinan yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Dekranasda merupakan mitra pemerintah. Sesuai Surat Keputusan terbaru, sekarang seluruh SKPD ikut terlibat dalam pengembangan kerajinan dari IKM di Kabupaten Buleleng dengan anggaran dari masing-masing SKPD,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T .,mengatakan, keberadaan Dekranasda Kabupaten Buleleng sangat penting untuk pengembangan IKM di Kabupaten Buleleng. Dengan bekerja sama dengan dinas terkait perkembangan IKM di Kabupaten Buleleng diyakini dapat dilaksanakan dengan baik. Bupati Suradnyana juga menghimbau untuk dinas terkait agar bisa menjadikan program dari Dekranasda sebagai umpan balik.

“Mudah-mudahan momentum ini dapat menjadi umpan balik bagi Dinas Perdagangan dan Perindustrian sehingga dapat melakukan pengembangan mengenai penjualannya, kemasannya dan lain sebagainya,” harapnya. *ira/editor rahadi