LAPORAN - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekda I Gede Putu Winastra menyerahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2018 kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si

Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menghadiri acara Penyerahan Laporan Keuangan Unaudited Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Klungkung bertempat di Ruang Rapat Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Provinsi Bali, Denpasar. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Inspektorat Kabupaten Klungkung I Made Seger dan Asisten Administrasi Umum I Wayan Sumarta.

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung dalam menggunakan anggaran memakai skala prioritas, serta dengan menciptakan beberapa inovasi untuk mengetahui kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Meski dengan dana terbatas, Pemkab Klungkung berusaha mensejahterakan masyarakat.

Bupati Suwirta menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK karena sudah berkenan memberikan masukan dan koreksi perbaikan selama proses pemeriksaan awal/interim yang dilaksanakan pada 11 Februari hingga 15 Maret 2019.

Terkait dengan beberapa hal yang menjadi catatan selama proses pemeriksaan yang disampaikan oleh tim auditor BPK RI, pemkab akan segera melakukan perbaikan.

“Kami berharap tetap diberikan pembinaan-pembinaan agar apa yang kami lakukan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat sesuai dengan kepatuhan dari sisi aspek hukum serta peningkatan efektivitas pelaksanaan pengendalian intern demi perbaikan ke depan baik dalam penatausahaan, pertanggungjawaban, maupun pelaporan pengelolaan keuangan daerah,” ujar Bupati Suwirta.

Mengenai koordinasi dan komunikasi yang sudah berjalan dengan baik antara Pemkab Klungkung dan Tim BPK RI saat melakukan pemeriksaan/audit interim, Bupati Suwirta berharap bisa dilanjutkan nanti ketika kembali ke Kabupaten Klungkung untuk melaksanakan audit terinci terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang telah disampaikan Pemkab Klungkung.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si., menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Klungkung karena sudah menyampaikan LKPD tepat waktu. Haryoso menyatakan berdasarkan pemeriksaan awal/interim yang sudah dilaksanakan sebelumnya, BPK berharap agar catatan yang sudah diberikan oleh tim BPK kepada Pemkab Klungkung dapat segera ditindaklanjuti. “Saya juga selalu berpesan agar berhati-hati dalam penyusunan dan penggunaan APBD,” ungkap Haryoso. *dar/editor rahadi