Perbaikan Jalan di Desa Kekeran Dituntaskan Tahun Ini

Singaraja (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Buleleng akan menuntaskan perbaikan salah satu ruas jalan kabupaten yang terletak di Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, setelah adanya anggaran perubahan nanti. Hal itu mengingat di anggaran induk 2019 ini tidak mencukupi untuk melakukan perbaikan jalan yang melintasi sebuah terowongan itu.

Kepala Dinas PUPR Kab Buleleng Ketut Suparta Wijaya, Selasa (26/3)  menjelaskan kerusakan jalan yang terletak di sebelah barat Desa Kekeran itu terjadi akibat hujan deras yang melanda Buleleng pada Sabtu (23/3) lalu. Tingginya curah air hujan mengakitkan aliran irigasi yang berada tepat di atas jalan tersebut meluap dan merongrong badan jalan. Akibatnya, pada bagian ujung jalan itu mengalami kerusakan sangat parah dan hampir terputus.

“Ruas jalan itu termasuk ruas jalan kabupaten dengan panjang 500 meter, ber-SK tahun 2000, saat ini kondisinya dalam keadaan rusak,” ungkapnya.

Masih kata Suparta Wijaya, jalan tersebut merupakan jalan yang sangat strategis mengingat jalan itu menghubungkan Desa Kekeran dengan jalan provinsi. Hanya saja, dirinya menyangkan bahwa jalan tersebut melewati sebuah terowongan. Kondisi ini pula yang menjadi faktor mudahnya terjadi kerusakan pada jalan tersebut.

Mengingat anggaran induk tahun 2019 sudah berjalan, sehingga Suparta Wijaya menjanjikan perbaikan jalan itu akan dituntaskan pada anggaran perubahan medatang. Perbaikan inipun akan menjadi prioritas kegiatan pada anggaran perubahan 2019. Ada pun perkiraan anggaran yang dihabiskan untuk memperbaiki kerusakan jalan itu mencapai Rp 700 juta.

Selain memperbaiki badan jalan yang rusak, Dinas PUPR juga akan memperbaiki draenase yang berada pada sisi-sisi jalan tersebut. Draenase itu nantinya untuk menghindari adanya genangan air pada badan jalan, sehingga dapat memperlama usia jalan. *ira/editor rahadi