Beberapa Kios di Pasar Badung masih Kosong

Denpasar (Bisnis Bali) – Pascaperesmian Pasar Badung (22/3) lalu beberapa kios dan los khususnya di lantai 3 dan 4 tampak masih kosong.  Kekosongan terjadi pada kompleks pedagang pakaian dan beberapa peralatan rumah tangga di lantai 3.

Diminta konfirmasi terkait hal tersebut, Dirut PD Pasar Kota Denpasar IB Kompyang Wiranata mengatakan, kekosongan yang terjadi di kios terutama di lantai 3 dan 4, karena beberapa pedagang masih melakukan penyesuaian tempat. Tempat (kios) yang tersedia saat ini  lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Dari pengamatan yang dilakukan Selasa (26/3) kemarin, beberapa pedagang pun masih melakukan seting tempat untuk tata letak barang yang dimiliki.

Di samping itu, pria yang akrab disapa Gus Kowi ini pun mengatakan kendala lain yang terjadi yaitu sebagian pedagang memiliki kios lebih dari satu. Salah satu kios sudah terisi yang lainnya masih menunggu untuk dipenuhi. “Banyak pedagang yang memiliki 2-3 kios.  Satu kios yang dimiliki sudah beroperasi, sementara sisanya masih belum dilengkapi,” jelasnya.

Diakuinya, sebagaian pedagang yang masih mengosongkan kiosnya di Pasar Badung juga dikarenakan mereka masih berjualan di tempat lain, seperti Pasar Lokitasari yang menjadi pilihan sebelumnya pascakebakaran yang terjadi 3 tahun silam. “Sebagian dari mereka yang ada di Pasar Lokitasari masih berpikir dan melihat situasi kapan barang-barangnya akan dipindahkan,” terangnya.

Terkait hal tersebut, Gus Kowi mengatakan pihaknya tentu memberikan hak kepada pedagang yang masih ingin berjualan di tempat semula.  Namun, dia mengatakan jika kepemilikan kios di Pasar Badung juga terbentur dengan izin yang dikeluarkan oleh PD Pasar. “Jika 3 bulan kios tidak ditempati, maka ijin penggunaannnya bisa dicabut oleh PD Pasar,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya terus menyarankan agar kios-kios yang dimiliki pedagang segera diisi dan ditempati. *wid/editor rahadi

KOSONG – Sebagian kios di Lantai 4 Pasar Badung tampak masih kosong.