299 CPNS Badung belum Terima SK

Mangupura (Bisnis Bali) – Tercatat 299 calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus seleksi pengadaan CPNS tahun 2018 lalu sampai sekarang belum menerima surat keputusan (SK) pengangkatan. Pemberkasan sudah dilakukan pada Januari 2019 lalu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Badung I Gede Wijaya mengatakan, 299 CPNS belum menerima SK lantaran menunggu Nomor Induk Pegawai (NIP) turun. Namun, kata dia, pihaknya tidak bisa memastikan soal waktu turunnya NIP tersebut.

“Iya, jadi sekarang kami masih menunggu verifikasi NIP di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional X, sebelum menyerahkan SK pengangkatan kepada 299 CPNS,” ujarnya.

SK yang dimaksud merupakan SK dari Bupati secara langsung. Bila NIP sudah keluar, SK bisa langsung diproses. “Yang jelas pengangkatan CPNS nanti melalui SK Bupati,” tegasnya.

Disinggung terkait kekosongan dua formasi guru K2 jenjang sekolah dasar (SD), birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara itu mengungkapkan lantaran tidak memenuhi persyaratan sejak awal. Dengan demikian, pihaknya memastikan dari 301 kuota yang diberikan pemerintah pusat, hanya 299 formasi yang terisi.

Sekadar mengingatkan, seleksi pengadaan CPNS di Kabupaten Badung sudah berlangsung tahun 2018. Tercatat 3.083 orang mendaftar penerimaan CPNS tersebut. Namun, setelah mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) hanya 118 peserta yang memenuhi passing grade, padahal kuota CPNS 2018 untuk Pemkab Badung 301 orang. *sar/editor rahadi