Pengelola ODTW harus Konsisten dan Kreatif

Amlapura (Bisnis Bali) – Pengelola objek daya tarik wisata (ODTW) harus konsisten mengelola objek wisatanya. Golnya agar ODTW itu tak menjenuhkan, sehingga wisatawan tetap mau datang berulang. Pengelola harus kreatif dan inovatif melakukan penataan atau pun mengkreasi daya tarik.

Hal itu disampaikan Kadek Melya Febrianti, saat tampil sebagai narasumber ”Anak Bangsa” Radio SWIB FM di Karangasem, Minggu (24/3). Selama ini, kata mahasiswi D1 Penerbangan Gapura LC Badung ini mengatakan, objek wisata di Karangasem  sudah bagus-bagus, indah dan menarik. Tinggal penataan, terutama menjaga keindahan, dan kebersihannya.

“Tujuannya agar wisman nyaman berkunjung dan mendapatkan kenangan, sehingga pulang membawa kenangan dan berikutnya tertarik lagi liburan ke Karangasem,” ujar top six missgrand Bali yang bertugas sebagai duta wisata dan perdamaian itu.

Gadis asal Banjar Gegelang, Manggis ini mengatakan, jangan sampai ada sampah, apalagi sampah plastik bertebaran di objek wisata. Sebab, kata karyawati di sebuah maskapai penerbangan Cina di Bandara Ngurah Rai Bali itu, wisman sangat alergi dan marah jika melihat sampah plastik bertebaran di objek wisata. Terlebih, objek wisata di Karangasem selama ini sudah disukai, selain karena alami, juga banyak wisman suka trekking seperti ke Bukit Lempuyang. Peraih runner up 2 Jegeg Karangasem tahun lalu itu mengatakan, baginya paling favorit dengan objek wisata Bukit Surga di Nampo,  Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem. Cuma dia melihat objek itu perlu lebih dipromosikan lagi. Ia menduga lokasinya jauh dan berada di atas bukit yang menyebabkan dia merasakan gaungnya kurang santer. Menurutnya, kenapa objek Bukit Surga menjadi favoritnya, dari Bukit Surga itu pemandangannya sangat luas dan banyak pemandangan indah bisa dilihat dari ketinggian itu. Guna menuju lokasi, di kiri dan kanan jalan terhampar kebun salak. Pengelolanya juga sudah tampak inovatif dengan menyediakan teh kulit buah salak, juga kuliner dari tunas atau rebung salak. ”Saya kira inovasi dan keunikan itu perlu dilakukan secara konsisten,” kata tiga bersaudara psangan suami istri  I Nengah Merta-Ni Nyoman Widyanti itu, yang berencana nanti ikut seleksi ajang Putri Indonesia itu. *bud/editor rahadi