MURAH - Pariwisata Bali diharapkan tidak dijual murah.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali memiliki budaya yang unik dan alam yang indah. Oleh karena itu, pariwisata Bali jangan dijual murah sehingga Bali diramaikan wisatawan kelas bawah. Konsul Kehormatan Rusia untuk Bali, Chairul Nuku Kamka, Senin (25/3) mengatakan, wisatawan ke Bali karena memiliki alam yang indah. Walaupun di daerah lain memiliki alam seperti pantai lebih, wisatawan mancanegara tetap memilih Bali.

Ia menjelaskan, pariwisata Bali memiliki berbagai pasar. Ini mulai pasar kelas bawah sampai wisatawan kelas atas (high class). Jika Bali hanya menawarkan paket wisata murah tentunya akan banyak dilirik wisatawan kelas bawah. Bali tentu akan diramaikan wisatawan kelas bawah. “Paket wisata murah tentu jadi pilihan wisatawan backpacker,” katanya.

Ia mencontohkan, wisatawan Rusia yang berlibur ke Bali mulai dari kelas bawah sampai kelas atas. Mereka berlibur di Bali antara lain mengunjungi pantai.

Wisatawan Rusia suka bersantai dan berjemur di pantai. Mereka di antaranya juga mengikuti kegiatan surfing.

Wisatawan Rusia ingin merasakan kenyamanan pantai. Tidak sedikit, wisatawan Rusia menginap di kawasan perhotelan Nusa Dua. “Wisatawan Rusia tidak tepat jika ditawarkan paket wisata murah,” katanya.

Nuku Kamka menambahkan, wisatawan berlibur ke Bali tidak hanya menikmati alam yang di indah. Mereka juga bisa menyaksikan kebudayaan lokal yang unik. Hal ini tentu sebagai nilai tambah bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. *kup/editor rahadi