Tabanan (Bisnis Bali) – Agen properti profesional memiliki peran strategis dalam memfasilitas penjual dan pembeli dalam satu proses transaksi produk properti. Apakah itu rumah, tanah kapling, atau yang lainnya, seorang broker belum cukup setelah transaksi untuk memberikan pelayanan. Namun lebih dari itu demi terjaga hubungan baik dengan pengguna jasa, broker properti juga berpeluang memfasilitasi hingga purnajual. Demikian diungkapkan, broker properti, Lidya, baru – baru ini.

Layanan hingga purna jual,karena tak sedikit investor membeli properti untuk berspekulasi. Ini justru peluang yang berlanjut bagi broker untuk memfasilitasi lewat layanan berkualitas. Broker dipercaya memiliki chaneling pasar yang luas, memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam promosi, dan lebih profesional dalam urusan legalitas. Inilah yang memudahkan sebagian pengguna jasa memanfaatkan broker, sehingga lebih efektif dalam bertindak. Termasuk para pengembang, dengan kehadiran jasa broker ya g cukup menjamur saat ini urusan pemasaran dapat dilakukan lebih cermat, dan tepat sasaran. “Kalau pengembang cukup membangun unit – unit rumah saja dengan kualitas terbaik, tambahnya.

Dia menilai broker profesional dan legal  bernaung  di bawah asosiasi profesi. Ini untuk memudahkan koordinasi ketika bermasalah yang dihadapi broker dengan pengguna jasa. Pihak asosiasi yang akan turun tangan dalam memfasilitasi sengketa yang terjadi. Dia yakin dengan layanan broker yang profesional, maka akan menunjang membaiknya bisnis properti yang selama ini sempat lesu, akibat pelemahan ekonomi  sejak beberapa tahun terakhir. *gun/editor rahadi