Presiden Jokowi memayungi salah seorang Bendesa adat tatap muka dan ramah tamah dengan ribuan krama serta tokoh masyarakat Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (22/3) malam.

Denpasar (Bisnis Bali) – Antusias menunggu kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, dari pukul 18.00 WITA, bahkan beberapa kali terguyur hujan deras terbayarkan dengan pernyataan “saya juga setuju berikan dana desa adat”, yang  disampaikan presiden Jokowi dalam tatap muka dan ramah tamah dengan ribuan krama serta tokoh masyarakat Bali di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya Provinsi Bali, Jumat (22/3) malam

Presiden Jokowi menyatakan sangat setuju dalam pelestarian budaya dan adat yang dilakukan desa adat ( Pakraman) di Bali. “Saya titip agar masyarakat Bali terus menjaga taksu Bali, spirit Bali, jiwa Bali. Karena satu hal yang perlu kita ingat, Bali dikagumi karena adat dan budayanya,” tandas presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi menyatakan sangat senang bertemu dengan penjaga terdepan budaya Bali, apalagi masyarakat dengan sabar telah menunggu ditengah guyuran hujan. Meski demikian sebagai bagian dari NKRI, presiden juga mengingatkan agar tetap cintai Indonesia, Pancasila dan UUD 45. Apalagi di tengah bulan politik kali ini, Presiden Jokowi  mengingatkan agar Krama Bali tetap menjaga persatuan, persaudaraan dan kerukunan menjelang pelaksanan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Ingat, Pemilu itu bukan perang. Pemilu merupakan pesta demokrasi untuk memilih pemimpin terbaik. Karena merupakan pesta, maka harus disambut dengan riang gembira. Jangan ada yang menebar ancaman atau menakut-nakuti,” himbaunya.

Ia ingin seluruh komponen masyarakat menyambut Pemilu dengan cara beradab, beretika, berbudaya dan bertata krama. “Jangan menyebar hoax, fitnah yang dapat memecah belah persatuan. Jangan sampai karena perbedaan pilihan kita jadi bermusuhan, tidak rukun. Ini yang namanya pilpres, pilgub,  pilbup tiap 5 tahun ada terus, masak kita terus bangun permusuhan,” pungkasnya.(pur)