Amlapura (Bisnis Bali) – Investasi di bidang energi dan ketenagalistrikan ke depan sangat potensial di Karangasem. Investasi di bidang energi atau ketenagalistrikan yang potensial dikembangkan yakni yang ramah lingkungan atau energi baru terbarukan.

Hal itu disampaikan  Kepala Sub Bidang Pemantauan Gunung Api Badan Geologi Devy Kamil Syabana yang ditemui usai kegiatan Pemaparan Capaian Kinerja Kementerian ESDM, Jumat (22/3) di Karangasem.

Devy mengatakan, energi panas bumi merupakan salah satu sumber energi yang bisa dikembangkan sebagai  PLTPB. Karena merupakan gunung api aktif, di sekitar Gunung Agung memang memiliki potensi besar panas bumi. Energi panas bumi itu berpotensi dikembangkan PLTPB. Namun guna memanfaatkan tenaga panas bumi Gunung Agung, harus dilakukan kajian, penelitian dan eksplorasi. ‘’Kami di Badan Geologi tidak memiliki tugas banyak soal penelitian dan eksplorasi energi panas bumi itu. Silakan daerah, misalnya Kabupaten Karangasem bisa melakukan penelitian, pengkajian bahkan eksplorasi mengenai potensi energi panas bumi Gunung Agung itu,’’ paparnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja, kemarin saat kegiatan menyampaikan, investasi di bidang ketenagalistrikan yang bisa dikembangkan di Karangasem, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Wiratmaja mengatakan, Bali juga potensial  mengembangkan energi ramah lingkungan, apalagi Bali ke depan akan meningkat konsumsi energi atau listriknya, karena merupakan daerah wisata internasional yang diprediksi akan terus maju. Karena merupakan daerah wisata internasional, pengembangan investasi di bidang energi harus yang ramah lingkungan.

Wiratmaja menambahkan, guna mampu mandiri di bidang energi dan ketenagalistrikan, sumber daya manusia di Bali dan khususnya di Karangasem juga harus disiapkan. Sementara, sekolah di bidang energi dan pertambangan sudah ada, salah satunya Politeknik Energi dan Mineral Akamigas di bawah Kemen ESDM,  di Cepu, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Pusat Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan,  Umi Asngadah juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, karena di Karangasem ada gunung api aktif yakni Gunung Agung, Karangasem bisa mengembangkan PLTPB, memanfaatkan energi panas bumi itu. (bud)