Pendaftaran Calon Dewas PDAM Badung Resmi Dibuka

Mangupura (Bisnis Bali) – Pendaftaran untuk kursi calon Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Mangutama Kabupaten Badung, resmi dibuka pada Senin (18/3) kemarin. Total sudah ada tiga orang pelamar yang mengajukan berkas pendaftaran ke Panitia Seleksi (Pansel) Dewas PDAM Tirta Mangutama Badung.

Dari dua orang pendaftar sudah tidak asing lagi, sebab sudah memiliki pengalaman mengurus perusahaan milik pemerintah, seperti I Wayan Tirta yang berstatus inkumben dan IB Ngurah Wardana yang notabene mantan Dirum PDAM Tirta Mangutama. “Ada satu orang lagi pendatang baru, yakni I Made Agus Arsana. Dia berasal dari Kedonganan,” ungkap anggota Pansel Dewas PDAM Tirta Mangutama Badung AA Sagung Rosyawati.

“Jadi total pendaftar pada hari pertama, sampai penutupan pukul 14.00 wita, berjumlah tiga orang. Pendaftaran masih kami buka hingga 20 Maret 2019,” ungkap Rosyawati.

Berdasarkan ketentuan yang tercantum pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah, untuk menjadi seorang Dewas haruslah memenuhi beberapa persyaratan. Rosyawati menyebut, persyaratan dimaksud antara lain memiliki keahlian, berintegritas, pengalaman, dan memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dalam pendaftaran calon Dewas, pansel tidak memberikan batasan dari segi jumlah. Namun, tentu dengan catatan harus memenuhi ketentuan. Selanjutnya, nanti seluruh pendaftar akan melalui serangkaian tahapan seleksi, di antaranya seleksi administrasi, uji kompetensi dan kelayakan (UKK) dan wawancara akhir. Tahapan UKK yang harus dilalui tiap calon Dewas juga lumayan banyak yaitu, psikotes, ujian tertulis keahlian, penulisan makalah strategi pengawasan, presentasi makalah strategi pengawasan dan wawancara.

Rosyawati menyatakan, setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, nanti pansel akan menyerahkan hasil seleksi kepada Bupati. “Nanti akan ada wawancara terakhir dengan Bupati,” ungkapnya sembari menyatakan keputusan final Bupati sendiri yang akan menentukan. (sar)