GPN Jadikan Sistem Pembayaran Nasional lebih Efektif dan Efisien

Denpasar (Bisnis Bali) – Adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), seluruh proses pembayaranakan dilakukan secara domestik di Indonesia. Dengan begitu, sistem pembayaran nasional lebih efektif dan efisien.

Demikian dikatakan Dirut PT Jamkrida Bali Mandara I Ketut Widiana Karya dalam seminar nasional dengan tema “Optimalisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebagai Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional untuk Mendukung Peningkatan Elektronifikasi Transaksi”, Kamis (14/3) di Auditorium Widya Sabha Utama Lantai IV Universitas Warmadewa.

Widiana Karya yang juga sekaligus Wakil Ketua ISEI Bali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar tersebut. ISEI Bali pada khususnya mendukung implementasi dan pengembangan GPN sebagai pemersatu transaksi nasional. Dirut PT Jamkrida Bali Mandara ini juga berharap kehadiran GPN dapat dimanfaatkan dan dinikmati seluruh lapisan masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran dengan biaya lebih rendah.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana pada kesempatan itu mengatakan dengan GPN, transaksi akan melalui satu pintu. Jadi uangnya tidak akan lari keluar negeri atau ke mana-mana.

Kegiatan seminar ini merupakan kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali dengan UniversitasWarmadewa dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Pada seminar tersebut Kepala Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia, Pimpinan Wilayah PT Bank Negara Indonesia (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, dan Direksi PT Bank Pembangunan Daerah Bali didaulat untuk memaparkan materi.

Turut pula hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali Nusra, Regional CEO XI/Bali & Nusa Tenggara, PT Bank Mandiri (Persero), Tbk, Pimpinan PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, Pimpinan Wilayah PT Bank Central Asia, Tbk, Ketua Perbanas Provinsi Bali, Ketua Perbarindo Provinsi Bali, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Provinsi Bali dan Direktur Utama PT Jamkrida Bali Mandara.

Juga hadir pada acara tersebut Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Provinsi Bali, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero), para rektor dan pimpinan universitas, sekolah tinggi dan akademi di Provinsi Bali, para kepala dinas di Pemerintah Provinsi, kabupaten dan kota se-Bali, Ketua asosiasi-asosiasi pengusaha, tour & travel, hotel & restoran di Provinsi Bali. (adv)