Bupati Badung Serahkan Hibah Rp1,3 M lebih

HIBAH - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menghadiri upacara pemelaspas dan pemakuhan bale sekah dan bale gong serta secara simbolis menyerahkan bantuan hibah di Banjar Dangin Peken, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Sabtu (16/3).

Mangupura (Bisnis Bali) – Krama Banjar Dangin Peken, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Sabtu (16/3) lalu melaksanakan upacara pemelaspas dan pemakuhan bale sekah dan bale gong. Upacara tersebut dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, dan Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni. Hadir pula tokoh masyarakat  I Bagus Alit Sucipta, IGN Kusuma Kalakan, dan Made Yudana. Dalam kesempatan itu, Bupati menandatangani prasasti dan menyerahkan bantuan hibah secara simbolis dengan nilai Rp 1,3 M lebih. Selain itu bantuan untuk Sutri Rp 256 juta dan bantuan baleganjur Rp 123 juta.

Kelian Adat Br. Dangin Peken, I Wayan Buda menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Bupati Badung, sehingga pembangunan di Banjar Dangin Peken khususnya bale gong dan bale sekah dapat dilaksanakan dengan baik. Terwujudnya pembangunan ini akan sangat bermanfaat bagi krama Banjar Dangin Peken dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, adat, seni dan budaya. Dalam waktu dekat, tepatnya Juli mendatang krama Dangin Peken akan melaksanakan karya nyekah dan metatah masal. “Tak henti-hentinya kami akan terus mohon bantuan dari Pemkab Badung, untuk meningkatkan pembangunan fisik maupun pemberdayaan masyarakat khususnya di Banjar Dangin Peken ini,” imbuhnya.

Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi pembangunan bale gong dan bale sekah di Banjar Dangin Peken. Kebijakan yang dilakukan pemerintah Badung ini sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat Badung. “Kami sadari banyak waktu krama habis di adat. Untuk itu kami mengambil kebijakan meringankan beban masyarakat baik kebutuhan pribadi maupun komunal, sehingga dana masyarakat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Program ini diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan di Badung, ” imbuhnya.

Terkait dengan rencana nyekah masal yang akan dilaksanakan krama Banjar Dangin Peken, Bupati juga sangat mendukung. Menurutnya, nyekah masal bersama ini sebagai wujud bhakti kepada leluhur, atau dharmaning leluhur, dharmaning agama dan dharmaning negara. Untuk itu Pemkab Badung siap mendukung penuh pelaksanaan yadnya nyekah masal ini. “Berapa pun biayanya kami Pemkab Badung akan siap membantu, ” pungkasnya.  (adv)