Program BIPA Jembatan Pengenalan Budaya Bali kepada Wisatawan Asing

Singaraja (Bisnis Bali) – Mengenalkan keragaman budaya Bali hingga ke mancanegara bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui media pengajaran bahasa Indonesia. Dari sekian banyak metode pembelajaran bahasa Indonesia, BIPA adalah yang paling pas, ini karena BIPA memang dikhususkan dan didesain untuk pebelajar asing yang hendak mengenal bahasa Indonesia dengan beragam jenjang atau level kemampuan.

Dalam setiap jenjang terdapat kurikulum khusus yang juga disesuaikan dengan kebutuhan dari program-program tersebut.  Program BIPA diselenggarakan dalam kerangka mendukung perkembangan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing, yang juga diberikan suplemen untuk mengenal keragaman budaya di Indonesia khususnya di Bali.

Kepala UPT Bahasa Undiksha, Putu Ayu Prabawati Sudana, S.Pd., M.Hum., mengatakan, secara spesifik, melalui UPT Bahasa Undiksha pihaknya juga memperkenalkan budaya-budaya Nusantara bahkan hingga masakan khas Indonesia.

Dosen D3 Bahasa Inggris Undiksha ini juga mengatakan, tetap memperkenalkan kearifan lokal di Bali seperti tari Bali, busana Bali, dan serta budaya Bali. Selain itu pihaknya juga memperkenalkan beberapa objek wisata di Bali Utara seperti Sekumpul dan Gili Putih.  “Mereka sangat tertarik dengan kebudayaan kita, membuat canang ataupun belajar tari yang menurut kita hal biasa, itu merupakan hal yang sangat luar biasa untuk mahasiswa asing tersebut,” ungkapnya.

Pihaknya tetap memperkenalkan kosa kata bahasa Bali, dalam setiap pembelajaran kebudayaan Bali. “Jika belajar kebudayaan Bali  pasti menggunakan kosa kata bahasa Bali, ini juga secara tidak langsung cara kami memperkenalkan bahasa Bali,” katanya. (ira)