Denpasar (Bisnis Bali)- Selain dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang mumpuni, Pasar Badung yang menjadi pasar tersebsar di Bali kini dilengkapi layanan wi-fi gratis bagi seluruh pedagang dan pengunjung. Layanan wifi gratis ini diharapkan mampu memaksimalkan pemasaran produk pedagang lewat promosi di media sosial serta menjadi tujuan rekreasi menarik bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kota Denpasar, I Dewa Made Agung saat dikonfirmasi Selasa (12/3) menjelaskan, layanan wifi gratis ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Google Station yang diberikan kepada Pemkot Denpasar yang kali ini ditempatkan sebanyak 18 titik di Pasar Badung.“Sebagai pasar rakyat terbesar, tentunya Pasar Badung wajib didukung fasilitas yang memberikan kemudahan bagi seluruh pengunjung baik pedagang dan pembeli,” jelasnya.

Dengan adanya koneksi internet ini diharapkan pedagang dapat memanfaatknya sebagai wahana promosi serta memperkenalkan produk yang dijual. Dengan demikian masyakat kini dapat memanfaatkan Pasar Badung selain sebagai sarana bertemunya antara pedagang dan pembeli, juga dapat menjadi tujuan wisata, wahana rekreasi serta edukasi dini.

“Dengan infrastruktur pasar yang sudah mumpuni, tentunya harus didukung dengan fasilitas penunjang yang baik pula, salah satunya adalah akses Wi-Fi gratis sebagai upaya mendukung sarana informasi dan komunikasi pedagang serta untuk memudahkan promosi,” jelasnya.

Dewa Agung menambahkan, dengan tersedianya layanan wifi gratis ini tentunya sejalan dengan program keberlanjutan Pemkot Denpasar yang merncang Pasar Badung sebagai Smart Heritage Market. Hal ini sebagai pengejawantahan penerapan smart city di Kota Denpasar.

Adapun dijelaskan langkah-langkahnya yakni pertama aktifkan jaringan Wifi  pada gawai (gadget) yang dimiliki, selanjutnya pilih jaringan Wi-Fi ‘CBN-Google Station’, masukan nomor telepon pengguna, masukan nomor OTP dari SMS yang terkirim ke gadget pengguna, selanjutnya tunggu hingga keluar tanda centang dan gadget telah terhubung ke internet.“Dengan telah terhubunganya ke internet, maka pengunjung dapat memnfaatkan koneksi internet yang lebih cepat,” tutupnya.

Sebelumnya, beberapa kawasan juga turut dilepngkapi layanan Wi-Fi secara gratis, yakni Taman Kumbasari Tukad Badung, Taman Kumbasari Tukad Badung sebanyak 3 titik, Taman Kota Lumintang dan Youth Park sebanyak 8 titik, dan di Tukad Bindu masih tahap pengerjaan sebanyak 3 titik. (wid)