Terbaik Kedua di Karangasem, Aset LPD Duda Tembus Rp95 Miliar

Amlapura (Bisnis Bali) – Di tengah kondisi Gunung Agung beberapa waktu lalu, kinerja LPD Duda ternyata mampu memberikan kontribusi positif. Itu terlihat dari perkembangan aset LPD yang tumbuh signifikan yaitu dari Rp80 miliar lebih pada 2017 kini meningkat menjadi Rp95 miliar pada pencapaian 2018.

“Peningkatan aset kurang lebih 20 persen pada 2018 sehingga mengantarkan LPD menjadi terbaik kedua di Karangasem,” kata Petengen LPD Duda, Ida Bagus Gede Suyasa, S.E. di sela-sela kegiatan gebyar undian berhadiah ke-15 kalinya serta pengundian kupon berhadiah dalam rangka Karya Tawur Tabuh Gentuh 2019.
Ia menerangkan, dari sisi laba LPD pada 2017 mencapai Rp2 miliar lebih dan pada 2018 meningkat menjadi Rp2,3 miliar atau alami peningkatan mencapai 5 persen.
Dari perolehan kinerja tersebut dana pembangunan 20 persen dari laba pada 2018 diserahkan kepada desa adat Rp473 juta.
“LPD juga menyisihkan laba berjalan setiap bulannya untuk diserahkan pada saat pelaksanaan karya Tabuh Gentuh di Pura Puseh Desa mencapai Rp460 juta,” terangnya.
Secara keseluruhan total punia yang diserahkan ke Upacara Tabuh Gentuh di Pura Puseh Desa Adat Duda mencapai Rp1 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai upacara yang dilaksanakan desa adat nantinya.
Suyasa menambahkan, semua yang diberikan ke desa adat bertujuan untuk menopang kelancaran pelaksanaan upacara Tabuh Gentuh yang dilaksanakan setiap Tahun Icaka Ngewindu (ekor nol)
“Pemberian dana ini juga dimaksudkan untuk memberikan asas manfaat yang sebesar besarnya terhadap desa adat dan krama, karena selama ini masyarakat tetap mempercayai LPD-nya sendiri,” ujarnya.
Selaku pengelola ia mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat, semoga ke depannya tetap bisa dipertahankan.
“Kunci besarnya LPD terletak pada partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan program-program unggulan di LPD sehingga mari masyarakat meminjam kredit di LPD,” sarannya. 
Sementara itu Bendesa Adat Duda I Komang Sujana, S.Ag. mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada LPD Duda yang sudah bisa membantu dalam kelancaran upacara Tabuh Gentuh terutama kontribusi LPD yang begitu besar dalam upacara ini.
“Dana Rp1 miliar sudah diserahkan dalam upacara ini dan selaku bendesa adat mewakili masyarakat Duda sangat bangga dengan apa yang sudah bisa diberikan LPD ke Desa Adat,” ucapnya.
Lebih lanjut Sujana berharap pada seluruh masyarakat Duda untuk tidak ada alasan lagi, untuk tidak mempercayakan semua dananya di LPD.
“Begitu besarnya kontribusi LPD yang sudah diberikan kepada Desa Adat terutama terkait bantuan dalam upacara Tabuh Gentuh,” jeladnya. Ditambah lagi LPD Duda rutin dapat melaksanakan Gebyar LPD setiap tahunnya dengan hadiah yang semakin meningkat setiap tahunnya.
Seperti diketahui LPD Duda kembali melaksanakan gebyar undian berhadiah ke-15 kalinya serta dirangkai dengan pengundian kupon berhadiah dalam rangka Karya Tawur Tabuh Gentuh tahun 2019 serta Laporan pertanggung jawaban pengurus LPD tahun Buku 2018. Hadiah yang disiapkan pada gebyar undian berhadiah kali ini adalah 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama sebagai bentuk apresiasi LPD terhadap masyarakat atas tingginya kepercayaan pada laba Pura Desa dan kegiatan ini dipusatkan di Pura Puseh Desa pada Jumat, 8 Maret 2019. *dik