Kepala LPD I Putu Romi Jaya menyerahkan dana motivasi kepada sekaa teruna

Mangupura (Bisnis Bali) – Menyambut Hari Raya Nyepi,  berbagai kontribusi diberikan  LPD Desa Adat Padang Luwih kepada masyarakat.  Mulai pemberian dana motivasi dalam pembuatan ogoh-ogoh hingga menyumbangkan kebutuhan air mineral kepada masyarakat pada perayaan upacara melasti.

Kepala LPD Desa Adat Padang Luwih I Putu Romi Jaya,  saat ditemui ke ruangnnya Selasa (5/3)  mengatakan,  kontribusi jelang hari raya memang selalu dilakukan LPD Padang Luwih kepada masyararakat termasuk menyambut hari raya Nyepi. Selain memberikan dana motivasi dengan nominal Rp1,5 juta per sekaa teruna,  LPD Desa Adat Padang Luwih juga memberikan sejumlah air mineral untuk kebutuhan melasti di masing-masing banjar.

Dikatakannya di Desa Adat Padang Luwih terdapat 6 banjar dan 6 sekeha teruna. Ada pun total anggaran yang diglontorkan untuk kontribusi yang dilakukan ini mencapai Rp20 juta lebih.  “Ini sebagai pemberian manfaat dari LPD untuk masyarakat. Kami lakukan kegiatan ini  tiap tahun dan sudah berlangsung sejak lama,” ungkapnya.

Romi menjelaskan,  penyerahan dana motivasi dilakukan langsung dengan mengundang perwakilan sekaa teruna datang ke kantor LPD. Demikian air mineral juga telah didistribusikan langsung ke banjar-banjar sebelum pelaksanaan melasti yang berlangsung, Senin (4/3).

“Kami juga lakukan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan air mineral kemasan botol,  yang setelah diminum bisa ditutup kembali dan akan dibuang saat air memang sudah habis.  Sampah yang dibuangpun diarahkan untuk ditempatkan di tempat sampah,” jelasnya.  (wid)