Jelang Nyepi Transaksi Kredit dan Penebusan di LKNB Meningkat

Mangupura (Bisnis Bali) –
Jelang Hari Raya Nyepi pada 7 Maret mendatang memberi andil pada lonjakan transaksi di lembaga keuangan nonbank (LKNB) dari biasanya. Lonjakan tersebut terjadi pada jenis transaksi kredit maupun penebusan barang, khususnya perhiasan emas.
Kepala Pegadaian Cabang Kerobokan Badung Kuta Utara, Gusti Nyoman Arka, Selasa (5/4) mengungkapkan, terkait momen Nyepi kondisi transaksi gadai dan penebusan mengalami lonjakan dari biasanya. Lonjakan masing-masing transaksi tersebut berkisar 5 sampai dengan 10 persen dari biasanya. Imbuhnya, jelang Nyepi ini ada nasabah yang melakukan transaksi penebusan barang, khususnya perhiasan emas yang tujuannya untuk digunakan pada Melasti serangkaian Hari Raya Nyepi, ada pula nasabah yang mengajukan kredit usaha lain atau gadai untuk kebutuhan penambahan modal usaha hingga keperluan dana untuk pulang kampung.
“Jika dilihat dari posisi transaksi gadai maupun penebusan barang ini berimbang jelang Nyepi ini,” tuturnya.
Jelas Arka, untuk peningkatan kredit usaha lain jelang Nyepi ini, selain karena kebutuhan dana nasabah, lonjakan pengajuan kredit tersebut juga disumbang dari sejumlah promo yang diberikan pada momen Nyepi ini. Katanya, promo tersebut meliputi pemberian cashback untuk pembelian kendaraan bermotor, promo untuk kegiatan usaha mikro dan investasi, termasuk juga transaksi untuk kebutuhan dana segar untuk top up gadai diberikan promo berupa pulsa.
“Besaran plafon yang bisa diraih nasabah untuk kredit usaha lain ini bisa mencapai Rp 400 juta,” ujarnya.
Sambungnya, secara umum terkait Nyepi, meski terjadi lonjakan transaksi dari biasanya, semua kebutuhan dana dari nasabah tersebut dijamin semua terpenuhi. Sebab pihaknya sudah bermitra dengan berbagai perusahaan Negara, termasuk untuk investasi bekerjasama dengan PT., Antam, begitu juga untuk permodalan sudah bekerjasama dengan sejumlah bank ternama nasional. Selain itu tambahnya, untuk kemudahan transaksi nasabah, pihaknya telah menyediakan transaksi melalui digital servis.
Sementara itu, terkait oprasional Hari Raya Nyepi, paparnya untuk Pegadaian yang ada di Bali akan tutup mulai pada 6 Maret hingga 8 Maret 2019 mendatang. Katanya, oprasional akan buka kembali seperti biasa pada 9 Maret nanti.*man