Denpasar (Bisnis Bali) – Perbankan tahun ini kian memperkuat layanan digital dalam upaya memberikan kenyamanan bagi nasabah dalam melakukan kegiatan perbankan. Bank Danamon salah satunya dengan memperkenalkan aplikasi
D-Bank Registration sekaligus dalam mendukung kebijakan pemerintah yaitu gerakan nasional nontunai dan inklusi keuangan. 
“Ini merupakan upaya menambah akses layanan perbankan bagi yang belum mendapatkannya. Aplikasi terbaru ini untuk melengkapi D-Bank, satu solusi komprehensif layanan digital perbankan,” kata Regional Head PT Bank Danamon Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan di Renon, Kamis (28/2).
Ia mengatakan dengan layanan digital diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi nasabah dalam melakukan kegiatan perbankan end-to-end secara digital, kapan saja dan di mana saja atau  banking your way.
“Kami harapkan dengan layanan digital tersebut bisa meraih target nasabah baru untuk semua produk mencapai 20 persen dari new to bank (NTB) atau di kisaran delapan ribu NTB per bulan secara nasional,” katanya.
Gus Lopes biasa ia disapa menerangkan lewat aplikasi digital tersebut, selain datang ke cabang, calon nasabah juga dapat membuka rekening secara online dengan proses verifikasi melalui video call dalam satu aplikasi yang terintegrasi.
“Layanan D-Bank dan D-Bank Registration menjawab gaya hidup masyarakat saat ini yang dinamis serta membutuhkan solusi yang cepat dan tepat, juga memegang kendali untuk kebutuhan perbankannya,” ujarnya. 
Calon nasabah bank diakui dapat memilih untuk membuka rekening baru secara full online di smartphone atau mendatangi kantor cabang. Semua itu bagian dari komitmen bank  untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas layanan, memberikan nilai tambah serta kenyamanan bagi nasabah dan masyarakat luas.
“Eranya dengan teknologi digital nasabah , saatnya pegang kendali,” paparnya.
Aplikasi yang diperkenalkan ini, imbuhnya makin memperkuat layanan perbankan digital bank yang sudah ada sebelumnya seperti Danamon online banking, SMS banking dan ATM bank.
Layanan berbentuk aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi calon nasabah untuk membuka rekening kapan saja dan di mana saja. Proses pembukaan rekening dapat diakses melalui smartphone pribadi setelah mengunduh aplikasi dari app market berbasis Apple (app store) ataupun Android (Google Play).
“Caranya tergolong mudah karena
calon nasabah cukup mengisi data diri sesuai instruksi di aplikasi, mengirimkan dokumen berupa foto e-KTP dan swafoto atau selfie dengan e-KTP pribadi. Selanjutnya calon nasabah dapat memilih proses verifikasi (know your customer atau KYC) pembukaan rekening secara langsung di aplikasi D-Bank Registration melalui video call dengan video banking officer, atau datang ke gerai bank terdekat,” tegasnya.
Lopes lanjut menyampaikan membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) secara nasional Rp3,9 triliun pada 2018, atau tumbuh 7 persen dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan laba didorong oleh pertumbuhan dua digit di sejumlah segmen kunci, antara lain perbankan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), consumer mortgage, enterprise banking serta pembiayaan kendaraan bermotor melalui Adira Finance.
Bank juga mencatatkan kualitas aset yang lebih baik, ditandai dengan turunnya rasio biaya kredit (cost of credit ratio) sebesar 30 basis poin menjadi 2,5 persen. Bank akan terus membukukan pertumbuhan laba dari inisiatif transformasi jangka panjang, dalam melakukan diversifikasi sumber pendapatan, memperkuat layanan nasabah, serta menerapkan solusi berbasis teknologi dan digital secara komprehensif.*dik