Tanaman Hias Gantung Percantik Teras Rumah

DI perkotaan, minimnya luas tanah membuat banyak rumah yang tidak memiliki pekarangan. Agar rumah tetap terlihat hijau dan sejuk, banyak orang memiliki tanaman hias gantung untuk menghiasi teras rumah mereka.

Nur Wati, penjual tanaman hias di kawasan Sedap Malam Denpasar menuturkan, tanaman hias gantung memang banyak peminatnya. “Sekarang banyak yang cari tanaman hias gantung, karena tidak memiliki pekarangan. Ada banyak pilihan tanaman hias gantung, mulai dari yang berbunga dan ada juga yang tidak berbunga,” paparnya Rabu (27/2) kemarin, di Denpasar.

Tanaman hias gantung pada dasarnya adalah sebuah model dalam menata atau mendekorasi tanaman hias rumah. “Kalau biasanya tanaman hias ditanam di taman di halaman rumah, tetapi karena lahan yang terbatas tanaman hias ditanam menggunakan pot kemudian digantung,” ucapnya. Ini menjadi solusi di daerah perkotaan yang rata-rata tidak memiliki pekarangan rumah.

Meski demikian, kalau dibanding dengan sistem lain, menanam tanaman hias dengan model digantung memang lebih membutuhkan perawatan ekstra. “Media tanam harus diperhatikan campuran tanah dan pupuk kandang yang subur. Penyiraman harus teratur sehingga kelembaban media terjaga baik,” tukasnya.

Ada banyak jenis tanaman hias gantung, tetapi yang paling diminati adalah yang berbunga. Makanya ada banyak jenis tanaman hias gantung yang ditawarkannya. “Yang paling banyak peminatnya tanaman bunga petunia. Ada banyak pilihan warna, sehingga bilang beragam warna-warni bunga digantung di teras, maka akan terlihat sangat indah dan membuat orang betah berada di teras,” pungkasnya. (pur)