Cuaca tak Menentu, Minum Air Putih Solusi Jaga Kondisi Tubuh

CUACA tak menentu belakangan ini, dengan panas ekstrim membuat banyak orang terserang flu. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, mengingatkan masyarakat untuk minum air putih yang banyak.

“Perubahan cuaca seperti saat ini, lagi panas terik sebentar hujan turun memang beragam risiko kesehatan bisa terjadi. Mulai dari dehidrasi, berkembangnya penyakit tertentu akibat daya tahan tubuh menurun,” paparnya Rabu (27/2) di Renon Denpasar.

Banyak virus bisa berkembang saat ini, sehingga masyarakat perlu waspada khususnya terhadap penyakit influenza, ISPA dan juga resiko dehidrasi pada penderita kelainan jantung. “Maka antisipasinya banyak – banyak lah minum air putih, hindari berpanas-panasan dan tentunya menjaga kebugaran tubuh,” tukasnya.

Selain itu mengkonsumsi buah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena mengandung banyak vitamin. “Banyak mengkonsumsi buah dan makanan yang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik maka berbagai penyakit tidak akan menyerang,” tandasnya.

Selain itu melakukan aktivitas fisik juga sangat penting untuk menjaga kebugaran. “Tapi perlu diingat beraktivitas fisik jangan saat cuaca terik. Tapi lakukan pada pagi atau sore hari, dimana cuaca sejuk, kalau ini sudah dilakukan biar terjadi perubahan cuaca kita akan tetap sehat,” pungkasnya. (pur)