Mangupura (Bisnis Bali) – Setelah melalui proses pemilihan dalam musyawarah komisariat (Muskom) Januari lalu, pengurus DPK Perbarindo Badung (2018-2022) dilantik secara resmi oleh Sekretaris DPD Perbarindo Bali bertempat di Alam Tirta Carang Sari, Selasa (26/2).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Pengurus DPD Perbarindo Bali, Ketua Yayasan Perbarindo Bali, Ketua DPK Perbarindo se-Bali, dan Direksi BPR se-Kabupaten Badung.

Ketua DPK Perbarindo Badung, Agus Prima Wardana di sela-sela acara pelantikan Pengurus DPK Perbarindo Badung mengatakan, Muskom DPK Perbarindo Badung Januari 2019 telah memilih struktur kepengurusan Pengurus DPK Perbarindo Badung (2018-2022). Agus Prima Wardana terpilih kembali secara aklamasi untuk memimpin DPK Perbarindo Badung 4 tahun ke depan.

Selaku ketua terpilih, ia akan terus membenahi tata kelola BPR di Kabupaten Badung. BPR diharapkan bisa selalu menjadi agen perubahan bagi industri mikro.

Agus Prima memaparkan, saat ini BPR di Kabupaten Badung antara lain dihadapkan masalah kredit bermasalah (NPL) rata-rata mencapai 11 persen. Untuk itu DPK Perbarindo memprogramkan penguatan SDM, penguatan modal dan penguatan TI. Khusus untuk penguatan SDM, Perbarindo Badung telah memprogramkan kegiatan pelatihan, seminar, dan FGD yang disinkronkan program pelatihan DPD Perbarindo Bali.

DPK Perbarindo Badung memiliki anggota 52 BPR. BPR di Kabupaten Badung tercatat memiliki aset Rp3,2 triliun, penyaluran kredit Rp2,2 triliun, dan jumlah dana pihak ketiga (DPK) Rp2,2 triliun.

Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Made Suarja setelah melantik Pengurus DPK Perbarindo Badung (2018-2022) mengatakan dengan telah terpilihnya pengurus baru, DPK Perbarindo Badung diharapkan dapat menjaga persatuan dan mampu menampung aspirasi anggota. Institusi BPR diharapkan tetap utuh dan dapat berkembang untuk berperan dalam pembangunan ekonomi daerah dan mampu memberi kontribusi kepada stakeholder.

Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana ketika dihubungi di tempat terpisah mengatakan, sesuai AD/ART Perbarindo pemilihan pengurus DPK Perbarindo Badung (2018-2022) telah melalui proses Muskom secara demokratis. Sesuai dengan amanah AD/ART Perbarindo, pelantikan pengurus DPK Perbarindo Badung baru juga merupakan bagian penyegaran organisasi. “Saya selaku Ketua DPD Perbarindo Bali mengucapkan selamat mengemban tugas dan sebagai pejuang BPR/BPRS semoga amanah yang sangat mulia itu dapat berjalan sampai masa berakhirnya kepengurusan 4 tahun mendatang,” katanya.

Kepengurusan DPK Perbarindo Badung (2018-2022) yang telah dilantik meliputi Penasehat AA. Sudipta Pandji, Ketut Karwa, Cok Punia Artha, Ketua Agus Prima Wardana, Sekretaris Wayan Eka Sudirta, Bendahara Putu Hermawati,   Seksi Peraturan dan Deregulasi IB. Raka Surya Darma, Gusti Putu Arka, Seksi Humas Made Panca Arianta, Seksi Dana dan Usaha, Ni Luh Ariani Laksmi, Seksi Pendidikan dan Litbang Komang Supartha, Trisnaningsih Wulandari, Bidang Organisasi Ketut Diri Adnyana, Nyoman Wiryawan. (adv)