Pembibitan Bromelia dengan Induksi Anakan

BROMELIA termasuk tanaman hias yang tinggi peminat. Harga tanaman hias yang satu ini sangat beragam mulai Rp 25.000 hingga ratusan ribu, tergantung jenis dan besar kecilnya. Untuk membuat bibit bromelia biasanya dilakukan dengan cara induksi anakan. Teknik ini adalah cara yang paling mudah dan lebih  tinggi keberhasilannya dibandingkan teknik lainnya.

Gusti Ngurah Artana, penjual tanaman hias di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan menerangkan untuk membuat bibit bromelia yang bagus maka carilah induk bunga bromalia yang sehat dan berumur cukup tua.

“Biasanya bromelia akan memiliki anakan disamping tanaman induk. Anakan ini bisa dipisahkan, bila sudah tim cukup akar,” terangnya. Tetapi untuk menunggu anakan tumbuh sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama. Dalam waktu sekitar 1-2 tahun, jumlah anakan yang didapatkan paling cuma 2-3 tanaman. Meski demikian ada teknik agar anakan tumbuh dengan cepat sesuai dengan keinginan.

Setelah memilih indukan yang bagus dan cukup umur antara 5-7 bulan dan sehat, siapkan bambu atau lidi berdiameter 20 cm untuk menusuk kucup tanaman bromelia. “Caranya bambu yang panjangnya sekitar 10 cm, masukkan ujung bambu ke larutan fungisida lalu tusukan ke bagian kuncup bromelia sekitar 5cm dan biarkan selama beberapa minggu.  Biasa setelah 40 hari akan muncul banyak tunas anakan di pangkal batang induk,” terangnya.

Apabila penusukan berhasil, warna daun bromelia akan semakin cerah dan sebulan kemudian akan terbentuk 1-2 anakan. Biarlah sampai pucuk daun terbuka penuh. Bibit yang pucuknya belum membuka berdaya tahan rendah hingga cepat mati. Setelah anakan memiliki 3-5 daun, anakan dapat dipisahkan dari indukan dan ditanam dalam pot terpisah.

“Untuk memisahkan ambillah pisau yang tajam serta bersih, iris anakan di pangkal batang. Biarlah bibit itu sehari supaya pangkal batang jadi kering, kalau tetap basah bibit gampang rusak,” tandasnya.

Siapkan pot 5 cm isi dengan media campuran sekam serta serutan kayu dengan perbandingan seimbang atau cincanga batang pakis, tanam dengan menancapkan di media. Tempatkan bibit dibawah naungan jaring plastik. Untuk perawatan cukup lakukan menyiram tiap-tiap hari. (pur)