Amlapura (Bisnis Bali) – Menyambut piodalan Panca Wali Krama di Pura Besakih, Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Karangasem beserta karyawan LPD se-Karangasem menggelar kegiatan ngayah bersama. Dalam kegiatan ngayah yang dilaksanakan pada Minggu (24/2) lalu juga menyerahkan dana punia sebesar Rp20 juta.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BKS-LPD Kabupaten Karangasem, Drs. I Made Mastiawan mengatakan, selain menyerahkan punia berupa uang tunai, LPD se-Karangasem juga menghaturkan sarana upakara berupa saradan dengan biaya yang diperkirakan mencapai Rp14 juta. “Tapi untuk saradan masih dalam proses pembuatan yang akan rampung dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Punia yang dihaturkan merupakan urunan dari masing-masing LPD yang selanjutnya digabung menjadi satu. Terselenggarakannya kegiatan ini sebagai wujud bhakti dan rasa syukur atas karunia Ida Sang Hyang Widhi yang telah menjadikan LPD tetap ajeg hingga saat ini. Serta wujud rasa syukur atas persatuan dan kebersamaan yang mampu dipupuk oleh BKS-LPD selama ini. “Kegiatan serupa memang rutin kami lakukan tiap ada penyelenggaraan piodalan di Pura Kahyangan Jagat yang ada di wilayah Kabupaten Karangasem,” ujarnya.

Mastiawan menjelaskan, selama ini LPD selalu berkontribusi aktif dalam menjaga keharmonisan dengan berbagai tindakan untuk mewujudkannya. Baik yang meliputi parhyangan (hubungan yang harmonis manusia dengan Tuhan), pawongan (hubungan yang harmonis manusia dengan manusia) dan palemahan (hubungan yang harmonis manusia dengan lingkungan).

Kepala LPD Sibetan ini berharap melalui kegiatan seperti ini ke depannya LPD bisa tetap ajeg dan lestari demi terwujudnya desa pakraman yang mandiri. Demikian juga dalam perjalanan LPD diharapkan selalu dalam lindungan-Nya (Ida Sang Hyang Widhi) agar senantiasa aman dan sentosa. (wid)