Denpasar (Bisnis Bali) – BNI mengimbau kepada masyarakat agar bisa memaanfaatkan fasilitas e-channel seperti lewat anjungan tunai mandiri (ATM), SMS banking, internet banking, mobile banking serta phone banking selama menjelang libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Suhardi Petrus, Selasa (26/2) mengatakan,  bank telah memiliki berbagai layanan dan fasilitas untuk menunjang kebutuhan transaksi nasabah menjelang libur perayaan Catur Brata Penyepian pada 6 Maret hingga 8 Maret 2019 mendatang.

“Dalam menghadapi libur Hari Raya Nyepi tersebut BNI akan menyiapkan persediaan uang tunai sekitar Rp180 miliar untuk menunjang operasional 521 ATM tunai yang tersebar di seluruh Bali,” katanya.

Kebutuhan uang tunai tersebut meningkat 38 persen dibandingkan saat libur 2018 yang lalu. “Peningkatan jumlah uang tunai tersebut disebabkan karena selain bertambahnya jumlah nasabah dan jumlah mesin ATM juga karena durasi lamanya libur,” ujarnya.

Ia menegaskan pada 6 Maret 2019 atau sehari menjelang Hari Raya Nyepi, mesin ATM bank BUMN ini akan mulai off line(dimatikan) secara bertahap dimulai pukul 08.00 Wita. Namun, untuk melayani kebutuhan uang tunai masyarakat yang sifatnya mendesak, terdapat 6 lokasi ATM BNI yang akan beroperasi sampai dengan pukul 21.00 Wita yaitu di kawasan Renon, Jl. Gajah Mada, Gatot Subroto, Gatot Subroto Barat, Jl. Ngurah Rai, Singaraja) serta Jl. Surapati Singaraja.

Di lokasi ATM tersebut masyarakat juga dapat melakukan transaksi penyetoran atau transaksi nontunai lainnya seperti pembayaran tagihan, pembelian token PLN, pembelian pulsa telepon dan lainnya dengan memanfaatkan fasilitas ATM nontunai serta ATM tarik dan setor atau Cash Recycle Machine (CRM ATM).

“Selanjutnya operasional ATM akan normal kembali secara bertahap pada 8 Maret 2019 mulai pukul 08.00 Wita,” jelasnya.

Ia pun menegaskan untuk kenyamanan dan kemudahan yang diberikan, diharapkan dapat diimbangi dengan kehati-hatian para nasabah. “Jagalah selalu kerahasiaan No PIN, serta untuk keperluan informasi lainnya segera hubungi BNI Call di 1500046 selama 24 jam,” sarannya.*dik