Jelang Nyepi, Harga Bumbu mulai Bergerak Naik

Denpasar (Bisnis Bali) – Seminggu jelang Hari Raya Nyepi, harga kebutuhan pokok terpantau masih aman, belum ada lonjakan.  Hanya salah satu komoditi bumbu dapur yaitu bawang merah mengalami peningkatan Rp5.000 per kilogramnya.

Salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Badung,  Ni Wayan Wandri mengatakan,  harga bawang merah saat ini Rp20.000 per kilogram,  dari Rp15.000 hingga Rp17.000 per kilogram. Sementara harga jenis bumbu dapur lainnya masih normal,  seperti bawang putih Rp20.000 per kilogram, cabai rawit Rp20.000 kilogram dan cabai besar Rp15.000 per kilogram. “Awalnya bawang merah sempat turun yang sebelumnya Rp30.000 per kikogram,  kemudian Rp15.000 per kilogram.  Sekarang sudah naik lagi,” katanya.

Diakuinya,  permintaan saat ini masih sama seperti hari-hari biasa. Peningkatan permintaan akan terjadi nanti mendekati Nyepi sekitar H-4 Nyepi. Wandri pun belum mampu memprediksi akan ada kenaikan atau tidak. “Kita lihat kedatangan pasokan nanti, kalo pasokan sedikit bisa jadi akan ada kenaikan harga,” jelasnya.

Sementara itu,  komuditas lainnya,  seperti daging ayam masih normal dengan harga Rp34.000 per kilogram. Hal tersebit diakui oleh salah seorang pedagang daging di pasar yang sama,  Susi dan diiyakan oleh pedagang daging ayam lainnya,  Khotimah.  Demikian untuk daging babi harga yang ditawarkan masih Rp65.000 per kilogram.

Termasuk buah,  saat ini masih menunjukan harga normal seperti hari-hari biasa. Salah seorang pedagang buah,  Sang Ayu Anggawati,  mengatakan,  kemungkinan kenaikan harga buah akan terjadi ke depan,  yang dikarenakan lonjakan permintaan jelang Nyepi nanti.  “Permintaan buah jelang Nyepi terutama untuk upacara melasti cukup banyak nantinya, yang membuat harga pun naik,” jelasnya. (wid)