Tanaman Hias Bromelia, Cantik dan Mudah Dirawat

BROMELIA, tanaman hias yang satu masih satu keluarga dengan nanas. Ada banyak jenis bromelia, namun yang paling diminati adalah bromelia merah. Dengan warna merah yang menawan, bromelia merah sangat menarik bila ditanam di taman ataupun digunakan untuk mempercantik teras rumah.

Gusti Ngurah Artana, penjual tanaman hias di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan mengatakan, bromelia cukup tinggi peminat. “Tanaman bunga bromelia ini memiliki daun yang beraneka ragam dengan corak yang mempesona. Beberapa jenis bunga bromelia ini memekarkan bunga yang atraktif,” paparnya Minggu (24/2) kemarin di Tabanan.

Ada berbagai jenis atau spesies bunga bromelia, di antara bromelia merah, bromelia kuning dan bromelia ungu. “Yang paling banyak peminatnya bromelia merah, karena memang terlihat paling cantik di antara yang lain. Warna merahnya akan makin menawan bila mendapatkan sinar matahari yang pas tidak terlalu banyak dan juga suhu udara yang tepat,” tukasnya.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga bromelia harus baik drainasenya sehingga akar tidak akan tergenang karena lembab. Jika media tanam lembab, akan membuat akar membusuk. “Sebaiknya gunakan media tanam berupa sekam bakar yang dicampur humus dan serbuk kelapa atau bisa juga menggunakan sabut, pakis, sekam yang dicampur dengan pasir. Jadi jangan menggunakan tanah,” tandasnya.

Hal ini karena bromelia tidak suka dengan air terlalu banyak. Tetapi jika bromelia akan digunakan untuk tanaman hias dalam ruangan, media tanam yang digunakan dapat berupa cocopeat.

“Habitat aslinya, bromelia banyak tumbuh di hutan yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Jadi untuk menyamakan seperti habitat aslinya lahan tanam bromelia sebaiknya diberi paranet atau bisa diletakkan di teras dan dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari terlalu banyak,” ucapnya.

Banyak sebenarnya sangat menyukai kelembaban, namun penyiraman jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan bromelia busuk dan akhirnya mati. Jadi lakukan penyiraman jika media tanam terlihat kering dan saat musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

Terkait harga ukuran kecil berkisar Rp 25 ribu-Rp 75 ribu. Kalau ukuran medium berharga Rp 50 ribu-Rp 150 ribu, sangat ukuran besar harganya di atas Rp 150 ribu. (pur)