Kepala LPD Desa Pakraman Sukahet I Gusti Agung Indra Gunanwan (baju biru) menyapa masyarakat lansia saat memberikan paket sembako.

Amlapura (Bisnis Bali) – Serangkaian peringatan HUT ke-30 LPD Desa Pakraman Sukahet, Karangasem menggelar pembagain sembako kepada masyarakat lanjut usia beberapa waktu lalu. Kegiatan yang membagikan 300 paket sembako ini digelar sekaligus menyambut Hari Raya Nyepi.

Kepala LPD Desa Pakraman Sukahet I Gusti Agung Indra Gunawan mengatakan, pembagian sembako dilakukan secara berkelanjutan yang dimulai dari 20 Februari lalu. HUT LPD Desa Pakraman Sukahet diperingati tiap 20 Februari, namun untuk perayaannya tahun ini dilakukan pada 21 Januari lalu bertepatan dengan laporan pertanggung jawaban (LPJ) di hadapan masyarakat sekaligus gebyar undian berhadiah.

Di Desa Pakraman Sukahet terdiri dari 13 banjar dengan didukung oleh 1.050 KK. “Pembagian sembako yang menyasar lansia kurang mampu ini dianggarkan dari dana sosial yang memang rutin kami berikan setiap tahun,” ungkapnya.

Selain membagikan sembako, LPD Desa Pakraman Sukahet juga melakukan berbagai kegiatan sosial lainya, seperti beasiswa anak berprestasi tingkat SD hingga SMP, santunan kematian, partisipasi dalam pembuatan ogoh-ogoh hingga pemberian insentif kepada pemangku dan pecalang.

Di samping itu LPD juga mensubsidi pembelian sapi untuk pelaksanaan kesanga di 4 Pura Dalem setempat. Termasuk membiayai pelaksanaan ngusaba desa di Pura Puseh dan memberikan biaya aci ngaro di 13 banjar. “Punia ke pura gunung dan pura panti yang ada di wilayah Desa Pakraman Sukahet juka kami lakukan saat piodalan di pura tersebut,” katanya.

Belum lama ini, LPD Sukahet menghaturkan sepasang pratima untuk Pura Bale Agug dengan anggarakan Rp27 juta. Termasuk dalam pelaksanaan ngaben massal di masing-masing banjar, LPD Sukahet dikatakannya, selalu memberikan kontribusi. “LPD Desa Pakraman Sukahet juga memiliki sanggar tari yang diberi nama Sedana Kencana LPD dengan anak didik sekitar 135 orang yang sudah berjalan selama 2 tahun,” jelasnya.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan LPD Sukahet dianggarkan dari dana khusus yang sudah menjadi kesepakatan di desa adat. “Kegiatan ini sudah menjadi anggaran kerja setiap tahunnya, yang telah disepakati oleh desa adat. Hanya pemberian sembako yang kami anggarkan dari dana sosial,” jelasnya. (wid)