Jelang Nyepi, Transaksi Penarikan Dana di Perbankan mulai Melonjak

Bank jamin kebutuhan dana jelang Nyepi terpenuhi

Tabanan (Bisnis Bali) –
Jelang hari raya Nyepi yang jatuh pada 7 Maret mendatang, telah mulai berdampak pada meningkatnya transaksi penarikan dana dikalangan perbankan oleh sejumlah nasabah sekarang ini. Terkait hal tersebut, sejumlah bank telah mengantisipasi dengan melakukan penambahan likuiditas saat ini.
“Saat ini memang sudah mulai nampak peningkatan untuk transaksi penarikan dana dikalangan nasabah. Itu erat kaitannya dengan hari raya Nyepi, dimana sebelumnya dirangkaikan dengan kegiatan melasti yang berpengaruh pada meningkatnya kebutuhan dana dikalangan nasabah untuk momen tersebut,” tutur Kepala Cabang Bank BPD Tabanan, I Gst Ngurah Supardi., SE., MM, di Tabanan, Senin (25/2).
Terkait hal tersebut, pihaknya telah mengantisipasi peningkatan transaksi penarikan jelang Nyepi dengan melakukan penambahan likuiditas. Imbuhnya, penambahan likuiditas tersebut tidak saja untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam bertransaksi langsung di bank, namun juga penambahan likuiditas tersebut untuk mengcover kebutuhan nasabah ketika bertransaksi pada mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang berada disujumlah titik.
Jelas Supardi, bercermin dari antisipasi tersebut, pihaknya memastikan semua kebutuhan dana nasabah bisa terpenuhi semua. Katanya, itu termasuk juga untuk ketersediaan dana di ATM yang dikondisikan dalam posisi siaga terkecuali pada hari H nanti.
Sementara itu, Kepala BRI Cabang Tabanan, Anditya Mahendra Krishna mengungkapkan, untuk saat ini belum ada peningkatan transaksi penarikan dana nasabah terkait menjelang momen Nyepi. Akuinya, meski begitu, pihaknya tetap melakukan antisipasi terkait pemenuhan kebutuhan dana nasabah, terlebih lagi pada momen Nyepi tersebut aktifitas perbankan akan libur tiga hari, dimulai pada 6 Maret hingga 8 Maret nanti.
Paparnya, pada 6 dan 8 Maret nanti atau saat liburnya layanan langsung perbankan ini masih bisa dinikmati nasabah melalui layanan ATM, sedangkan pada 7 Maret yang merupakan hari raya Nyepi segala transaksi keuangan diposisikan off. Terkait itu, pihaknya menjamin ketersediaan dana di ATM akan terpenuhi untuk menjamin kebutuhan nasabah selama libur nanti.
“Kami pastikan kebutuhan dana nasabah tercukupi selama libur Nyepi. Termasuk juga terkait pengamanan dan antisipasi jika nasabah mengalami masalah ketika berteransaksi di ATM. Kami akan bentuk tim yang akan bertugas bergiliran melakukan pengamanan,” tandasnya.*man