Denpasar (Bisnis Bali) – Apa jadinya jika rumah minimalis tidak mempunyai taman. Pastinya akan terlihat gersang dan kering. Nah karena itulah rumah minimalis sebisa mungkin wajib memiliki taman walaupun itu kecil.

Taman depan rumah ini berfungsi sebagai area hijau yang memberikan suasana asri dan sejuk sebagai tempat bermain putra – putri dan juga tempat santai bagi keluarga tercinta. Selain itu taman depan rumah juga berfungsi mempercantik rumah minimalis.

“Salah satu cara agar memaksimalkan taman rumah minimalis ialah dengan memilih tanaman yang sesuai dengan lahan sempit, seperti tanaman hias yang berukuran kecil dengan berbagai macam warna agar taman rumah terlihat lebih menarik,” ungkap Ratna Dianti salah seorang Desaign Interior di Denpasar.

Pengaturan jarak tanam tamanan hias disesuaikan dengan tepat, jarak tanaman yang terlalu berdekatan memberikan efek sempit dan sumpek. Agar terlihat rapi dan indah gunakan metode pola seperti lurus, melingkar, melengkung, bentuk love dan sebagainya. Karena tanaman sangat bergantung pada sinar matahari maka sebisa mungkin tanaman mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup.

“Agar lebih rapi memberikan pembatas bisa dilakukan. Pembatas atau paving bertujuan untuk melindungi tanaman dari terinjak orang yang melintas, paving juga berfungsi memperindah pola tata taman rumah. Nah pastikan membuat paving agar tanaman terlindungi” ujar Ratna Dianti.

Apabila tidak memungkinkan, menata aneka tanaman dengan media pot tanam juga bisa menjadi pilihan sehingga ruang peruntukan juga menjadi semakin jelas. Dengan pola sederhana serta pemilihan material dan tanaman yang tepat, tampaknya tidak ada alasan untuk tidak membuat taman meski rumah minimalis. (ita)