Mangupura (Bisnis Bali) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali yang diketuai Ny. Putri Suastini Koster berkomitmen  mendorong kemajuan dan  menggairahkan industri kerajinan di Daerah Bali. Komitmen tersebut diaktualisasikan dalam kegiatan pembinaan yang dilakukan secara marathon ke Dekranasda Kabupaten/Kota. Setelah sebelumnya menyambangi Kabupaten Klungkung dan Buleleng, Jumat (22/2), Rombongan Dekranasda Bali yang dipimpin Wakil Ketua  Dekranasda Provinsi Bali Ny. Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati melakukan pembinaan ke Kabupaten Badung.

Rombongan Dekranasda Provinsi Bali diterima Ketua Dekranasda Badung Ny. Seniasih Giri Prasta didampingi Ketua Harian Dekranasda Badung I.B. Oka Dirga yang juga merupakan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung,  di Ruang pertemuan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung.

Pada kesempatan itu, Ny. Tjok Putri Haryani menyampaikan,  Dekranasda merupakan wadah pembinaan seni kerajinan yang bertujuan mengembangkan usaha para pengrajin. ”Tujuan kami datang ke Badung adalah untuk menjaring masukan agar berbagai persoalan di lapangan dapat dicarikan solusi sehingga pengrajin yang berada di bawah naungan Dekranasda Badung dapat berkembang dan mampu meningkatkan daya saing,” paparnya.

Saat ini Dekrasda Provinsi Bali membina 15 Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di kabupaten/kota. “Ini merupakan wujud komitmen Dekranasda Bali yang senantiasa konsisten memberikan pembinaan dan pengembangan bagi pengrajin lokal sehingga ke depannya mereka berani memamerkan produknya agar lebih dikenal dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Badung Ny. Seniasih Giri Prasta mengapresiasi dan menyambut baik pembinaan yang dilakukan Dekranasda Provinsi Bali. “Saya harapkan sinergitas ini dapat dilanjutkan sehingga permasalahan IKM di Badung yaitu terkait kualitas produksi dan pemasaran dapat dicarikan solusi sehingga ke depannya mereka memiliki daya saing,” ucapnya. Dalam kesempatan tersebut rombongan Dekranasda Provinsi Bali juga berkesempatan mendengarkan paparan Ketua Harian Dekranasda Badung I.B. Oka Dirga terkait perkembangan pengerajin di Badung. (pur/adv)