Produksi Sampah di Tabanan 6,6 ton per hari

Gerakan bersih-bersih serangkaian memperingati HPSN

Tabanan (Bisnis Bali) –
Persoalan sampah di Kabupaten Tabanan jadi perhatian serius sekarang ini. Betapa tidak, per hari pelayanan perkotaan terdata 6,6 ton yang harus dibuang ke TPA Sembung Gede, sementara daya tampung TPA makin memprihatinkan.
“Kondisi tersebut ditambah lagi dengan sampah kiriman dari hulu ke hilir yang tidak kalah banyaknya. Sampah kiriman ini menimbulkan citra kumuh dan tidak menarik untuk dilihat,” tutur Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA. Gede Dalem Tresna Ngurah, pada kegiatan gerakan bersih-bersih secara serantak yang diadakan dipasar Dauh Pala dan sungai Dauh Pala Tabanan serangkaian Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Jumat (22/2).
Turut hadir dalam kegiatan HPSN yang digelar Pemerintah Kabupaten Tabanan, Kepala Dinas Lingkungn Hidup Kabupaten Tabanan I Made Subagia, S.Pi, MM, perwakilan dari Danrindam IX Udayana, FKPD, Kepala OPD beserta staf, Camat Tabanan, Kades Dauh Peken, Polsek dan Danramil. Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh LSM Kunti Bakti dan Siswa SMP Se-kecamatan Tabanan.
Paparnya, permasalahan sampah bukan suatu hal yang baru dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, maka seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tabanan dapat memahami akan arti pentingnya kebersihan lingkungan. Sayangnya, pada kenyataannya menunjukkan bahwa pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal hingga saat ini.
“Kedepan permasalahan sampah ini tidak boleh kita biarkan, kalau tidak ingin terpuruk dan tertimbun sampah. Mau tidak mau suka tidak suka, bersama Pemerintah dan masyarakat bersinergi bahu membahu menangani masalah ini” tegasnya.
Sementara itu, I Made Subagia, S. Pi, MM mengungkapkan, sampah merupakan masalah semua. Sebab itu, sangat diperlukan kerjasama antara pemerintah dan semua lapisan masyarakat. Salah satunya, direalisasikan melalui kegiatan kebersihan yang melibatkan peserta dan masyarakat secara serentak dimasing-masing Kabupaten kota.
Tambahnya, disamping kegiatan serentak juga telah melaksanakan sosialisasi penanganan sampah di wilayah perkotaan untuk terus dapat meningkatkan kesadaran seluruh lapisan mayarakat agar slalu menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal masing-masing. Bercermin dari itu, dengan masyarakat yang sehat dan bebas dari sampah, maka untuk mencapai tujuan sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk menciptakan masyarakat yang Sejahtera Aman dan Berprestasi (Tabanan Serasi) akan lebih mudah untuk dicapai.*man