Undian Berhadiah, Efektif Gaet Dana Nasabah

Mangupura (Bisnis Bali) – Guna meningkatkan daya saing, bank perkreditan rakyat (BPR) dituntut menggaet lebih banyak dana murah. Pemberian undian berhadiah merupakan salah cara efektif untuk menggaet dana murah dari masyarakat.

Wakil Ketua DPD Perbarindo Bali Bidang Hukum dan Peraturan, Ketut Komplit, Kamis (21/2) mengatakan, BPR dalam rangkaian fungsi intermediasi dituntut mampu menggaet dana pihak ketiga (DPK) milik masyarakat dan sektor UMKM. DPK murah ini tentunya dalam bentuk tabungan.

Ia mencontohkan, tabungan dengan undian berhadiah bisa mendorong masyarakat rajin menabung. Di samping dana tabungan mendapatkan bunga, nasabah juga berkesempatan mendapatkan poin undian berhadiah.

Dipaparkannya, dengan mendapatkan dana murah, BPR bisa meningkatkan daya saing. Sesuai dengan fungsi intermediasi, BPR bisa menyalurkan DPK murah ini dalam bentuk kredit dengan suku bunga bersaing.

Ketut Komplit menilai, masyarakat memilih menempatkan dananya di BPR karena kemudahan layanan. Dana nasabah di BPR sangat aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Ditegaskannya, di tengah persaingan dan kemajuan teknologi informasi (TI), BPR dituntut selalu melakukan inovasi produk. Seperti saat ini tabungan berhadiah menjadi pilihan yang efektif untuk masyarakat. “Masyarakat masih senang jika diberi hadiah ketika menempatkan dana di bank,” katanya.

Ketut Komplit menegaskan, animo masyarakat untuk menempatkan dana di BPR makin meningkat. Masyarakat sudah makin percaya sama BPR. Ini terlihat dari indikator  pertumbuhan DPK BPR meningkat dua digit. (kup)