Denpasar (Bisnis Bali) – Kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan pemerintah baik di Indonesia melalui Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) maupun promosi langsung ke kawasan  Eropa cukup menggeliatkan pariwisata Bali. Di samping promosi, lancarnya akses penerbangan dari negara pasar ke Bali, akan mendorong penambahan kunjungan wisatawan Polandia ke Bali.

Konsul Kehormatan Polandia untuk Bali, IB. Surakusuma, Kamis (21/2) mengatakan, pemerintah Indonesia sudah melakukan promosi ke kawasan Eropa temasuk ke Polandia. Promosi yang gencar selama ini dilakukan pemerintah bersama stakeholder pariwisata mampu memperkenalkan pariwisata Bali dan destinasi lain di Indonesia kepada pasar Polandia. Ia menjelaskan, penerbangan internasional terlihat menurunkan tarif penerbangan. Ini sebagai imbas penurunan harga minyak dunia.

Dipaparkannya, penurunan tarif pesawat menjadi daya tarik awal untuk wisatawan Polandia untuk berlibur ke Bali dan kawasan Indonesia lainnya. Selama ini wisatawan Polandia banyak berlibur ke kawasan yang berdekatan dengan negaranya.

Menurutnya, saat ini wisatawan Polandia sudah mengarahkan kunjungan ke Indonesia khususnya Bali. Mereka berlibur ke Bali terutama untuk menikmati suasana pantai. Wisatawan Polandia yang berlibur ke Indonesia mencapai 10.000-11.000 orang per tahun.

Ia melihat wisatawan Polandia berharap merasakan suasana hangat di Bali. Tidak sedikit wisatawan Polandia lebih banyak beraktivitas santai di pantai sambil berjemur. Mereka juga mengunjungi objek wisata yang menampilkan barang seni seperti museum dan lainnya. Polandia antara lain dihadapkan dengan 4 musim. Hanya saja waktu berlibur wisatawan Polandia merata setiap tahunnya. Lama tinggal wisatawan Polandia di Bali rata-rata 7-14 hari.

Surakusuma menambahkan, alam pantai di Bali banyak dibayangkan sebagai sorganya dunia. Wisatawan Polandia sangat suka berjalan di pantai. “Tidak heran wisatawan Polandia banyak memilih menginap di hotel yang berdekatan dengan pantai,” katanya. (kup)