Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Dharmawan sedang melihat plafon gedung SDN 1 Tojan, Kecamatan Klungkung yang rusak.

Semarapura (Bisnis Bali) – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengunjungi SDN 1 Tojan, Kecamatan Klungkung guna menindaklanjuti unggahan di media sosial terkait rusaknya plapon ruang kelas di sekolah tersebut. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Dharmawan, Bupati Suwirta memeriksa kerusakan yang diakibatkan oleh gempa dan pemasangan jaringan listrik tersebut.

Berdasarkan pantauan di beberapa titik, atap plapon tampak mengalami kerusakan ringan namun tidak mengganggu aktivitas sekolah. Atas kondisi tersebut Bupati Suwirta langsung membantu memberikan biaya perbaikan plapon dari dana pribadinya sebesar Rp5 juta kepada Kepala SDN 1 Tojan H. T. Umar Haini.

Selain kerusakan plapon, Bupati Suwirta juga mendapat laporan tentang atap gedung perpustakaan yang miring akibat patahnya rangka kayu. Kepala SDN 1 Tojan H. T. Umar Haini juga melaporkan keadaaan sekolahnya yang mengalami kekurangan ruang belajar. Kondisi ini mengakibatkan siswa kelas II  tiap hari belajar di ruang belajar darurat hingga pukul 11.00, setelah itu pindah menempati ruang kelas I yang telah kosong ditinggal pulang pada jam tersebut. Atas kondisi itu Bupati langsung menugaskan kadisdik untuk mengajukan proposal sehingga seluruh rehab berat dan pembangunan kelas baru bisa dianggarkan pada tahun 2020.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada semua pihak untuk senantiasa mengkomunikasikan setiap permasalahan sehingga tidak muncul kehebohan di media sosial. Bupati Suwirta juga mewanti-wanti pihak sekolah agar senantiasa mengawasi dan mendidik siswa untuk tidak merusak fasilitas sekolah. Karena berdasarkan pengamatannya banyak fasilitas sekolah yang rusak akibat kenakalan siswanya. “Pernah saya temukan di sekolah lain plafon rusak karena disengaja oleh para siswanya, kadang ditemukan kayu, sapu dan lain lain yang dilempar ke atas plafon. Untuk itu mari kita bina anak didik kita untuk senantiasa menjaga fasilitas sekolah,”ujar Bupati Suwirta. (dar)