Gianyar (Bisnis Bali) – Revitalisasi Pasar Tubuh Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar menghabiskan anggaran Rp 2 miliar. Pasar desa ini selanjutnya diharapkan bisa meningkatkan roda perekonomian desa setempat.

Bupati Gianyar Made Mahayastra saat meresmikan Pasar Tubuh Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar Selasa (19/2) mengatakan, penataan Pasar Tubuh merupakan salah satu pasar yang termasuk program kerja Pemkab Gianyar. “Penggunaan dan manfaat Pasar Tubuh bisa menjadikan masyarakat Bedulu lebih baik,” katanya.

Bupati Mahayastra memaparkan, terdapat beberapa pasar yang menjadi program penataannya. Ini terdiri atas Pasar Tubuh sendiri, Pasar Silakarang, Pasar Lebih,  Pasar Keramas, Pasar Batubulan Kangin, dan Pasar Medahan. Ia juga mengungkapkan, dengan target tiga tahun ke depan beberapa desa sudah siap memiliki pasar yang bisa mengubah perekonomian masyarakat.

Menurutnya, Pasar Tubuh ini tergolong pasar desa kelas satu, karena lokasinya sangat strategis. Begitu juga dagangan yang ada, salah satunya pusat anyaman, artinya Pasar Tubuh telah memiliki nama. “Jika dibandingkan mencari brand atau nama itu sangatlah susah dan memerlukan waktu bertahun-tahun,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Peresmian Pasar Tubuh, I Gusti Ngurah Made Serana mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Gianyar. Pasalnya para pedagang sudah bisa menempati tempat berjualannya. Ia mengaku semua jumlah dagang pasar los sebanyak 45 orang,  dan yang menempati ruko 20 orang.

“Ke depannya saya mohon juga ditata pada areal parkirnya karena tempatnya masih semrawut dan sering menjadi kemacetan yang disebabkan oleh pembeli parkir di bahu jalan,” katanya.

Bendesa Bedulu ini juga mengatakan, Pasar Tubuh secara tempat memang berada di pusat keramaian,  yang sangat ramai jalur Goa Gajah  – Tampaksiring. Ke depan rencananya juga pasar tersebut akan menjadi pusat perekonomian Desa Pakraman Bedulu, mengingat pedagang semua adalah warga asli Bedulu. (kup)