Gianyar (Bisnis Bali)- Dalam laporan pertangungjawaban (LPJ) tutup buku tahun 2018, LPD Desa Pakraman Ketewel, Sukawati, Gianyar menyerahkan dana pembangunan sebesar Rp762 juta kepada desa pakraman. Dalam LPJ yang digelar di Wantilan Asti Budaya, Jaba Pura Payogan Agung, belum lama ini juga melaporkan perolehan laba LPD Desa Pakraman Ketewel tahun 2018 mencapai Rp3,8 miliar.

Kepala LPD Desa Pakraman Ketewel I Ketut Wardika,S.E, mengatakan, hingga Desember 2018 aset yang dimiliki LPD Desa Pakraman Ketewel mencapai Rp151 miliar. Jumlah aset tersebut menglami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya (2017) yang tercatat hanya Rp133 miliar.

Demikian dana pihak ketiga (DPK) yang mampu dihimpun LPD Desa Pakraman yaitu Rp54miliar berupa tabungan dan Rp65,9 miliar berupa deposito. Sementara kredit yang mampu disalurkan mencapai Rp69,8 miliar.

Wardika mengatakan, LPD Desa Pakraman Ketewel memiliki program-program yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan LPD. Diantaranya, program bank sampah, program unit pelayanan sampah (UPS) dan Pasar Desa Pakraman Ketewel. “Kami juga memiliki program e-chanel atau LPD mobile yang memberikan kontribusi cukup bagus bagi LPD melalui berbagai transaksi yang dilakukan masyarakat,” jelasnya.

Dari program bank sampah, dikatakannya LPD mampu memperoleh laba sebesar Rp2,6juta. Kemudian program pasar desa, LPD Desa Pakraman Ketewel mampu mendapatkan laba sebesar Rp3,2 juta, laba dari program UPS mencapai Rp13 juta. Sementara pendapatan dari program e-chanel mampu berkontribusi sebesar Rp12,5 juta.

Dalam upaya menjalankan fungsi LPD yaitu untuk mensejahterakan masyarakat desa pakraman, LPD Desa Pakraman Ketewel juga memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat terutama dalam memfasilitasi kegiatan. Seperti belum lama ini LPD Ketewel memfasilitasi pelaksanaan piodalan Ngusaba Desa dan Ngusaba Nini yang menghabiskan dana sekitar Rp3,2  miliar, dimana sebagian besar biaya ditanggung oleh LPD. Demikian juga pelaksanaan kegiatan lainnya mulai dari kegiatan keagamaan, sosial masyarakat hingga menjaga lingkungan juga dilakukan oleh LPD Desa Pakraman Ketewel. (wid)