Wayan Eka Saputra: Optimistis Dikunjungi Kapal Pesiar

CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra ini optimis pada 2019 Pelabuhan Benoa akan makin banyak dikunjungi kapal pesiar. Berdasarkan catatan sudah terjadwal 75 kapal pesiar yang akan berkunjung ke Pelabuhan Benoa tahun ini.

Pria asli Bangli ini menerangkan jumlah kedatangan wisatawan sepanjang tahun mengalami fluktuatif di mana Januari hingga Maret umumnya akan banyak kunjungan, April hingga September jumlah kunjungan menurun dan Oktober hingga Desember kembali meningkat hingga momen Tahun Baru.

“Itu bersamaan dengan musim dingin di Eropa sehingga wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali,” kata pria kelahiran 10 Oktober 1974 tersebut.

Khususnya kapal pesiar dengan kapasitas besar. Eka Saputra menilai dengan adanya peningkatan dan pembangunan fasilitas pelabuhan dengan menjaga destinasi akan makin banyak wisatawan yang berkunjung melalui Pelabuhan Benoa.

“Pada 2019 ini pun potensi pariwisata Bali sangat besar sehingga harus dikemas dengan baik dan dikembangan sehingga tamu wisatawan makin banyak jumlahnya,” papar lulusan S2 MM di STIE Semarang.

Suami dari Ni Nyoman Tri Anggraini pun mengungkapkan sepanjang 2018 sudah mulai membangun terminal penumpang internasional dari kapasitas 900 orang kini bisa menampung menjadi 3.500 orang. Termasuk melakukan pendalaman alur masuk dan kolam Pelabuhan Benoa dari sebelumnya minus 9 LWS sekarang minus 12 LWS.

“Termasuk mempercantik di dalam lingkungan pelabuhan dengan pembuatan gate yang secara philosofi memuat kearifan lokal Bali yaitu bunga cempaka,” jelas ayah dari Putu Yogi Wedana dan Kadek Dandi Maheswara ini. *dik