Sajian Praktis Nasi Katsu dengan Sambel Terasi

SAMBEL terasi tak hanya bisa dinikmati dalam sajian menu makanan tradisional, namun juga dapat dinikmati pada menu makanan kekinian. Seperti halnya sambel terasi yang menjadi bagian dari hidangan nasi katsu memberi ketertarikan bagi masyarakat baik tua ataupun muda.

Nasi Katsu biasanya banyak ditemukan di café-café yang biasa dijadikan tempat nongkrong oleh anak muda. Namun kebanyakan nasi katsu yang merupakan salah satu makanan khas Jepang ini dipadukan dengan saos teriyaki. Saat nasi katsu yang terdiri dari nasi dan ayam filet goreng dengan baluran tepung ini dipadukan dengan sambel terasi tidak kalah menarik saat dinikmati.

Salah satu tempat makan yang menyajikan nasi katsu sambel terasi yaitu Coffe Engine yang terletak di Jalan Deiw Sri, Kuta. Owner Coffe Engine, Anna F.Portiana, mengatakan, sajian sederhana nasi katsu sambel terasi ini cukup banyak peminat. Rasa khas dari sambel terasi yang dibuat ala rumahan ini, menjadi favorit dari pelanggannya yang membuat ketagihan.

“Rasanya itu pas antara rasa pedas dan gurihnya ayam. Ini memberi sensasi rasa berbeda dari nasi katsu yang biasa disajikan di tempat makan lainnya,” ungkap wanita kelahiran 9 Desember 1987 ini.

Anna mengatakan, dirinya ingin memadukan sajian makanan kekinian ini yang mulai digemari masyarakat lokal ini dengan cita rasa makanan khas Indonesia. Untuk memberi kenikmatan yang lebih, sambel terasi pun dibuatnya sendiri. Proses penyajian nasi katsu ini pun simple yang tinggal menata nasi dengan tambahan ayam katsu serta sambel terasi di atasnya. Disinggung soal harga, dikatakannya, harga yang ditawarkan yaitu hanya Rp35.000 per porsi. (wid)