BERBINCANG - Bupati Buleleng saat berbincang - bincang dengan Miss United Heater Rosemary.

Singaraja (Bisnis Bali) – Kabupaten Buleleng optimis sampah plastik dapat teratasi seiring dengan tingkat kesadaran masyarakat akan lingkungan yang bersih dan sehat. Hal tersebut bahkan dapat dilihat dari sampah plastik yang sudah mendapat perhatian khusus dari Pemkab Buleleng melalui dinas terkait. Apalagi  wilayah Buleleng merupakan salah satu daerah tujuan wisata (DTW) mancanegara dan domestik serta tentu hal ini menjadi salah satu upaya untuk menyelamatkan lingkungan.

Seperti dikatakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S.T. Pihaknya mengajak masyarakat Buleleng untuk mengubah kebiasaan dalam menjaga lingkungan, dengan cara mengurangi penggunaan plastik. Bebas dari plastik merupakan syarat untuk menunjang perkembangan pariwisata, karena para wisatawan yang datang sangat memperhatikan kebersihan lingkungan utamanya dari sampah plastik. Ajakan tersebut diungkapkannya usai berbincang dengan Miss Pure International United Kingdom, Heater Rosemary Lloyd di Krisna Oleh-Oleh Bali, Minggu (17/2).

Ia mengungkapkan, saat ini Kementerian Pariwisata melakukan kerja sama untuk promosi pariwisata Bali dengan mendatangkan Miss Pure International United Kingdom ke Bali. Namun, Heater Rosemary Lloyd memilih Kabupaten Buleleng untuk menjadi tujuan kunjungannya. “Mereka pilih untuk datang ke Buleleng, dan tadi dikatakan Buleleng punya lingkungan alam yang sangat luar biasa, seperti laut dan gunungnya,” katanya.

Selain keindahan alam dan lingkungannya, Buleleng memiliki berbagai kebudayaan yang memiliki ciri khas tersendiri, Buleleng juga memiliki beragam jenis kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Melalui Bupati PAS Miss Pure International United Kingdom berpesan kepada masyarakat khususnya Buleleng agar menjaga lingkungannya. Ia melihat tarian-tarian Buleleng juga lebih atraktif, dan dia pesan nanti Buleleng untuk lebih menjaga masalah lingkungan terutama sampah. Kerajinan juga tolong dijaga dengan baik memakai bahan-bahan alam dan mengurangi pemakaian dari bahan-bahan plastik,” ujarnya.

Bupati PAS berharap dari pemerintah United Kingdom agar lebih banyak ada kunjungan ke Bali khususnya Buleleng, sehingga Pemkab Buleleng melalui Dinas Pariwisata akan terus melakukan promosi ke London “Tentunya dengan pengembangan pariwisata akan mempercepat pengentasan kemiskinan di Kabupaten Buleleng,” katanya. (ira)