Koperasi Lirik Generasi Milenial

Denpasar (Bisnis Bali) – Perkembangan teknologi yang begitu pesat, berdampak pada semua sektor, khususnya sektor koperasi banyak yang sudah melirik generasi milenial untuk ikut menjadi anggota koperasi. “Sebab generasi milenial yang memiliki potensi pengguna TI sangat prospektif diajak untuk membangun ekonomi melalui koperasi,” ungkap salah seorang pemerhati koperasi I Ketut Widartha, S.E., Senin (18/2) menyebutkan, peluang bagi koperasi jika generasi muda sebagai anggota. Pasalnya, koperasi yang mempunyai jati diri kebersamaan sangat tepat melibatkan generasi milenial untuk diajak membangun usaha berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan.

”Generasi muda sangat agresif dalam membangun usaha, kalau bisa diajak ikut dalam koperasi yakin generasi milenial ini akan menjadi aset yang luar biasa. Hanya saja sebelum dijadikan anggota harus diberikan pemahaman benar tentang koperasi, karena terkadang generasi milenial ini akan agresif mengelola usaha.  Sementara koperasi semua sudah diatur oleh perundangan-undangan.  Jadi tidak bisa dikelola seperti usaha sejenis lainnya, karena koperasi mnengedepankan nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan,” kata Widartha.

Hal Senada dikatakan pemerhati koperasi I Wayan Murja, S.E., M.M. Ia mengatakan bahwa generasi milenial memiliki kemampuan untuk berinteraksi dalam berbisnis. Jiwa wirausaha generasi milenial sangat tinggi.  Maka itu koperasi sebelumnya bisa melengkapi manajemennya dengan mengadopsi TI.  Untuk itu piranti dan sistem manajemen diisi dengan berbagai sistem untuk memudahkan memberikan pelayanan kepada anggota. Pelayanan yang dapat mempercepat dan mempermudah kinerja koperasi inilah yang dibutuhkan generasi milenial. Kalau koperasi tidak mampu menyiapkan piranti tersebut yakin generasi muda tidak akan tertarik menjadi anggota.

”Kami sudah mempersiapkan sistem yang dibutuhkan generasi muda dalam pelayanan. Koperasi kami sudah mulai adopsi TI guna memudahkan pelayanan kepada anggota.  Tinggal mulai sekarang mendekat kepada generasi milenial,” kata Wayan Murja. (sta)